Rabu, 19 Juni 2013

4 Hari Hidup Di Solo ...



Halooo kawan-kawan semua ....
Pada kangen nggak sama gue, yang nggak kangen ama gue brarti iman lo masih kenceng. Sori baru update soalnya masih sibuk urusan di Solo tentang tes SBMPTN itu tuh. Ini sekarang posisi gue juga masih di Solo, dan baru ntar sore balik ke Madiun. Dan gue mo ceritain kehidupan 4 hari 3 malam di kost2an Solo sama teman gue Roni.

          Gue ama Roni ke Solo hari minggu lalu tanggal 16 Juni 2013, dan rencananya mo nginep di kost2annya temennya kakaknya Roninya, iya. Setiba di kost2an kami berdua langsung istirahat di kamar kost2an milik temennya kakaknya Roninya dan namanya mas Frandy. Kakak Roni langsung ke Jakarta buat tes lamaran kerja, jadi kami dititipin ke mas Frandy. Tentunya perasaan sungkan ada dalam diri gue, tau kalo si Roni. Udah cukup istirahatnya dan setelah mencari makan siang, kami muter2 keliling kota Solo. Tentunya kelilingnya nggak selancar klo ngiterin Madiun, karna kita berdua buta peta kota Solo alhasil gue dan Roni tersesat. Sama2 punya sifat yang sama yaitu sungkan jadi kami jarang banget tanya ama penduduk sekitar, dan hasilnya tambah buruk kita semakin jauh dari tempat kost2an mas Frandy. Untungnya gue punya pikiran yang cerdas, pintar dan Istimewa *Napa sih, sirik aja jadi orang* jadi kita berhasil selamat dari tersesat dengan mencari arah ke selatan, karna memang kost2annya berada di selatan, dan kami terus ke arah selatan dan mencari kitab suci ditemani Sun Go Kong. Sebenernya ada untungnya juga sih kita tersesat, kita jadi tau arah menuju ke Kraton di Solo, alun2, pasar Klewer dan tempat2 lainnya yang menarik di kota Solo.
          Juga itu jadi malam pertama gue nginep di kost2an ama Roni. Awalnya gue sempet khawatir ama Roni kalo tidur berdua ama dia sekamar, gue takut digrepe-grepe. Makanya waktu tidur gue megang tasbih ditangan kiri dan gergaji mesin ditangan kanan. Karna itu juga gue nungguin Roni tidur duluan, dan gue tidur belakangan karna gue juga masih susah banget buat tidur, Mungkin juga masih beradaptasi ama SiKon.
          Esoknya yaitu hari Seninnya, acara gue ama Roni masih sama yaitu muterin kota Solo lagi. juga mo ngafalin jalan ke tempat tes SBMPTN kita berdua, karna itu juga jadi tau arah ke Stadion Manahan yaitu ke arah barat, ya memang gue ngandelin arah mata angin. Ternyata pelajaran IPS gue di SD dan SMP berguna juga, gue sempet mikir saat pulang ke Madiun gue langsung nyanyi’in hymne guru didepan guru IPS gue sebagai tanda terima kasih, tapi gue juga mikir, gue lupa siapa guru IPS gue. juga sama seperti kemaren minggu perjalanan juga nggak selancar yang dikira, kami berkali2 nyasar dan hilang arah, dan saat itu juga Malaikat Jibril turun menyampaikan wahyu dan berkata “Bacalah” lalu hilang. Setelah kepergian Malaikat Jibril akhirnya gue ama Roni selamat dan nemu’in arah pulang dengan lagi kecerdasan tiada tara gue, *yang nggak terima, Pergi aja deh*. Gue sempet mampir di Gramedia Solo, dan gue beruntung banget karna waktu itu ada pameran, dan harga buku disitu 3 kali lipat lebih murah dari di Madiun, jadi gue beli 4 buku, ya karna tersesat kami jadi tau tempat2 yang tak terduga. Ternyata tersesat nggak selamanya merugikan, dan gue percaya itu. Jadi rencana gue besok adalah tersesat lagi.
          Setibanya di kost2an yang udah malam banget kira pukul 21.15, kami nggak langsung tidur. gue masih kepengen mbaca buku yang gue beli tadi dan Roni sibuk nonton Stand Up Comedy. Kira2 jam 23.50 kita memutuskan tidur, karna gue masih khawatir jadi gue ngebiarin Roni terlelap dulu. Karna gue juga masih deg2an plus nervous tentang tes SBMPTN yang diadakan besok, pikiran gue bercabang membuat gue susah banget buat segera tidur, tapi 5 menit kemudian gue udah nggak sadar dan tidur.
          Akhirnya hari ini tiba juga, hari test pertama SBMPTN gue di Solo. Perasaan nervous masih menjalari tubuh gue, sempet juga gue merasa takjub melihat ketenangan yang tidak biasa dari Roni, terlihat tidak ada beban ketika mo ngadepin dan berangkat untuk tes, tapi setelah gue selidikin ternyata dia sibuk nahan pub. Pukul 07.00 gue tiba di tempat tes, di sebuah SMA di Solo. Gue sempet ngamatin anak2 yang ikut tes, siapa tau gue kenal salah satu dari mereka, tapi ternyata hasilnya sia2 mereka terlihat asing di mata gue. gue udah kayak diasingkan, dan akhirnya gue berakhir di bawah shower kamar mandi di SMA tersebut. Tentang si Roni, dia tesnya beda sekolah ama gue, dia tes di salah satu SMP di Kota Solo. Setelah melewati 30 menit kegalauan di kamar mandi, akhirnya bel masuk tes berbunyi, itu adalah bel terindah yang pernah gue dengerin dan nantikan. Waktu memasuki ruang tes kami juga diperiksa wajahnya satu persatu untuk memastikan sama apa tidak seperti wajah yang tertera di kartu peserta, dan Alhamdulilah perbedaan yang besar dari foto dan asli gue nggak terbaca oleh pengawas, jadi gue lolos. Ya di foto gue unyu banget, aslinya lebih unyu lagi tapi keren kok, keliatan smart lagi dan cool gitu deh, *Napa Sih*.
          Di ruang tes, gue sempet ngamatin wajah2 anak2 yang pad ikut tes disitu, yang kebanyakan perempuan. Perempuan cantik2 banget dan rata2 berjilbab mungkin trend Fatin X-Factor sudah menyebar. Gue bersyukur Fatin waktu audisi dulu dan sampe juara sekarang masih berjilbab, nggak kebayang aja klo dia dulu ciri khasnya adalah bikini, pasti gue bakal betah keluar rumah terus. Kembali ke topik, tes pertamanya adalah Tes Potensi akdemik, ya intinya tentang penalaran dan IQ dan EQ gitu aja sih, gue juga nggak tau bedanya IQ dan EQ itu apa, sengaja gue nulis gini biar keliatan keren aja. Tesnya cukup mudah tapi waktunya kurang banget, temen gue Roni juga ngeluh gitu lewat sms. Dan setelah itu lagi2 waktu yang menyebalkan yaitu istirahat, karna nggak ada lawan ngobrol disitu dan istirahatnya juga lama banget yaitu 45 menit, akhirnya gue berakhir lagi di shower kamar mandi sekolah itu. Dan bel indah itu berbunyi lagi, yaitu bel tanda masuk. Test berikutnya adalah tes kemampuan dasar, pelajarannya Mate, B.Indo, ama B. Inggris. Gue masuk dengan langkah tegap biar kelihatan keren dan nggak keliatan banget klo lagi nahan pub, iya gue nervous. Untuk B.Indo ama B.Inggrisnya sebagian bisa gue jawab, tapi untuk Mate yang notabene beda banget ama pelajaran SMK gue dulu, gue cuman bisa jawab 2 pertanyaan itupun setelah melalui ritual panjang. B.Indo dan Inggrisnya juga beda jauh banget ama yang gue pelajarin di buku persiapan SPMB, di tes ini lebih menitikkan pada bacaan dan yang gue pelajarin selama ini adalah grammar, bisa ditebak itu pasti ancur semua.
          Tes hari itu akhirnya usai juga, tinggal mempersiapkan diri untuk tes yang lebih sulit keesokan harinya, yaitu tes tentang SAINS. Sungguh ironis banget, pelajaran yang paling gue sebelin dari SD yaitu Kimia dan Fisika menjadi bahan tes untuk hari itu. Saat itu juga gue pengen reinkarnasi jadi kucing. Tapi tetep usaha itu tetap ada. Habis tes hari senin itu, gue ama Roni langsung nyari makan siang di deket Stadion Manahan. ya semoga gue ama Roni bisa ketrima di universitas yang diinginkan, walaupun secara pribadi gue cuman bisa ngandalin keajaiban. Meski begitu 4 hari 3 malam di kota Solo ini udah ngajarin gue untuk hidup mandiri di kota orang. Ya ini berharga banget, minimal nggak kaget klo terjun ke situasi sebenernya. Tes udah selese tinggal nungguin pengumuman besok tanggal 12 Juli 2013, dan sekarang gue mo preparin diri gue buat balik ke Madiun. Ya itu dulu pemirsa laporan sepintas kehidupan gue di kota Solo. Semoga apa yang saya sampaikan menjadi hidayah bagi kita semua dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan-Nya kepada kita semua, sebelum pulang marilah bersama-sama membaca hamdallah, dan untuk snack bisa diambil dibelakang. Oke itu dulu Guys good bye ...
Share this article :

0 komentar: