Kamis, 30 Mei 2013

SNMPTN OHHH... SHITTT..




Halo readers..!! Anda sehat hari ini..??

Gue galau nih..?? bukan, bukan soal cewek apalagi soal utang piutang, bukan..? gue tipe orang yang nggak suka ngutang kok, gue tipe orang yang minjem tapi nggak pernah mbalikin. Hehehe... Becanda. Gue galau bukan karna hal tersebut, tapi karna gue gagal lolos di SNMPTN. *Hiks-Hiks-Hiks*. Walaupun gue juga udah memprediksikan hasil ini sebelum2nya, karna nilai rapot gue semester 1 – 4 hancur semua, tapi tetep Ke-nyesek’an masih ada di hati gue. Ke-nyesek’an bertambah mana kala tadi gue mbaca di TV, (hlo?) maksudnya mbaca tulisan bergerak dibawah di TV itu low, tentang masih adanya kasus bunuh diri oleh seorang anak karna disebabkan tidak lolosnya dia pada SNMPTN. Memang sih, nggak lolos SNMPTN bagi siswa adalah hal yang menyakitkan banget lebih sakit daripada diselingkuhin gebetan, gue aja waktu dinyatakan nggak los SNMPTN rasanya juga penyen njatuhin diri dari pohon bayam kok. *Pohon bayamnya ada diatas pohon jati*. Tapi apa selesai kalau harus bunuh diri, nggak kan..?? yang ada orang tua kalian kan bakal sedih banget, apalagi kalo kalian adalah anak satu2nya harapan mereka, seperti gue ini. Kan masih ada jalur lain SBMPTN mungkin atau taun depan mungkin, mungkin bisa cari kerja dulu nungguin sampe tahun depan ikut SBMPTN lagi kalo udah siap. Ingat kawan SMPTN juga bukan penentuan hidup kalian lo, jadi kalau gagal ya move-on aja. Cari jalur alternatif lainnya, misalkan daftar di universitas swasta dan dapetin beasiswa dari universitas tersebut. Ya intinya, belum ada akhir deh dari kegagalan SNMPTN itu. :)


Yang lebih gue seselin lagi tentang SNMPTN adalah, banyak siswa yang udah daftar SNMPTN, dan mereka lolos, tapi nggak mereka ambil. Alasannya sih macem2, dari yang udah dapet kerja’an layak, karna nggak diboleh’in ortu keluar kota, dan disuruh kuliah saja di kota asalnya, sampe yang salah milih jurusan. Itu maksud mereka apa sih...?? berpatisipasi tapi tak bertanggung jawabkah mereka..?? apa cuman mau nambah-nambahin saingan aja..?? lo pikir aja sendiri deh, ini cuman seandainya lo ya, kalau memang betul mungkin hanya kebetulan, disini tak ada maksud untuk menyindir siapapun, dan gue cuman mo mewakilin siswa yang juga nyeselin hal ini tapi belum tau caranya ngungkapin, iya gue wakilin ngungkapin lah. Ini misalnya.

Loe  dulu ngebet banget pengen ikut yang namanya SNMPTN, sampe2 loe umbar kesenengan loe di sosial media atau loe mungkin juga udah buat rencana party kalo loe ketrima di SNMPTN. Iya itu dulu, tapi semenjak negara api menyerang semua berubah, saat lo udah diumumkan lo ketrima SNMPTN, loe langsung adem panas dan berakhir dengan galau, akhirnya loe mutusin nolak SNMPTN yang udah pengen berjabat tangan dengan lo. Padahal kan sayang banget ya, SNMPTN itukan mungkin kesempatan sekali se umur hidup ya. Siswa taun2 kemaren yang belum ada program SNMPTN aja gondok banget ketika mengetahui taun ini diadakan lagi SNMPTNnya, eh lo malah nolak penawaran sekali seumur idup ini. Kalau menurut gue, lo yang ketrima di SNMPTN dan lo tolak, lo itu termasuk beruntung banget loh. Bayangin aja dari beberapa ratus ribu yang ndaftar di salah satu universitas negeri dan diambil cuman beberapa ratus atau bahkan puluhan, lo salah satunya yang ketrima men, girls. Itungannya lo udah ngalahin beberapa ratus ribu peserta yang lainnya, salah satunya yang ada di berita tadi. Iya, betul siswa yang bunuh diri karna gagal SNMPTN tadi. Seandainya, gue ingetin seandainya, lo kagak ngribet2in ikutan SNMPTN segala macem, mungkin tu anak kemungkinan masih idup. Bisa kok..? misalnya lo udah ketrima di Universitas XXX  lewat jalur PMDK SNMPTN dan di universitas tersebut dibutuhin, katakanlah 100 anak. Dan lo ketrima diurutan yang ke 100, dan si anak yang bunuh diri tadi ada di urutan 101, otomatis kan nggak lolos. Dan seandainya lo dulu udah mikir, apa yang akan lo perbuat di masa depan dan udah mateng apa akan ikut SNMPTN, gue jamin satu tempat tersisa itu bukan tempat yang terbuang sia-sia. Kalau lo ikut SNMPTN, dan lolos tapi gak loe ambil menurut gue loe udah ngremehin orang yang bener2 niat untuk kuliah. Ya disini gue nggak bermaksud apa2 sih, cuman mo ngungkapin kekeselan gue aja karna gagal lolos di SNMPTN.

Saran gue aja lah ini ya, pada kalian terima ya syukur, nggak juga gue nggak dendam kok. Yang pertama buat yang udah dapet kerjaan layak dan nolak tu SNMPTN, cukup simpel aja, pikir2 dulu aja lah yah, dan direnungin dulu, kalo lo bener2 udah mantep dikerjaan lo, brarti lo udah siap bener kerja dan kuliah bisa belakangan sambil ngumpulin duit, bener kata temen gue Ilham di status facebook, “yang terpenting kerja dulu, bahagiain ortu masalah SNMPTN ato kerja, gue milih kerjanya aja, kuliah kan bisa 4-5 taun kedepan”.

Tapi bagi yang udah dapet kerja’an yang layak tapi pikirannya masih pengen kuliah karna dirasa ilmunya belum cukup untuk bersaing terus di dunia kerja, saran gue loe lebih baik ambil deh tu SNMPTN, itukan sekali seumur hidup men, girls, loe kan juga bisa kembali ke kerja’an lo setelah lulus dari kuliah, dan tentunya ilmu lo lebih mateng dari yang sebelumnya. Itu saran gue aja sih.

          Dan yang kedua yang udah dapet SNMPTN tapi nggak diijinin ortu kuliah ke luar kota. Emang loe dulu nggak rembug’in apa ke ortu kalo loe mau kuliah keluar kota,,?? Saran gue, lo lebih baik bujuk dan rayu deh ortu lo, biar diijinin. Ngancem juga nggak papa kok, misal ngancem kalo nggak diijinin bakal lari muterin lapangan bola 50 kali, itung2 diet lah, ato ngancem kalo nggak diijinin bakalan nggak makan sampe bininya eyang cukur dicerai’in. Kalo pun akhirnya gagal lo tinggal merengek dan berteriak..

          “HUAAAA,,, INI KAN BUKAN LAGI JAMANNYA SITI NURBAYA”

Dan yang terakhir yang udah ketrima di SNMPTN tapi nggak diambil karna alasan dulu salah milih jurusan, saran gue periksa mata aja deh ama priksa kepribadian. Mungkin lo punya kepribadian ganda dan kepribadian yang laen yang milih itu dulu.

Karna gue gagal di SNMPTN jadi gue coba peruntungan di jalur SBMPTN, dan akibatnya gue harus belajar otodidak pelajaran SMA. Belajar otodidak pelajaran SMA itu sulit banget, lebih sulit masukin tali tambang ke lobang jarum. Yang diajarkan udah beda banget ama di SMK, apalagi ditambah pelajaran biologi, geografi, apa tu segala macem. Tapi gue tetep niat untuk mencoba karna gue punya pengalaman yang bagus saat belajar otodidak. Gue pernah belajar otodidak melukis saat ada tugas kesenian di SMK, dan hasilnya nggak buruk2 amat, gue bisa nggambar burung walaupun kata temen gue lebih mirip gambar dajjal. Gue pernah belajar otodidak tentang photoshop, hasilnya juga terbilang lumayan, ya setidaknya bisa ngrubah wajah temen gue yang tadinya mirip prajurit Gaza menjadi wajah terminator. Gue juga pernah belajar otodidak tentang ilmu bangunan, yang tadinya gue nggak ngerti apa2an soal bangunan, akhirnya gue tau bahwa Kuda-kuda itu ada di atas dinding. *kayaknya cuma gue deh yang dari dulu kagak ngerti*. Ya berkat pengalaman itu lah gue optimis bakal memberikan yang terbaik di SBMPTN, semoga. Dan batu loncatan gue yang lainnya adalah daftar di universitas ASIA Malang,  ngambil jurusan teknik informatika Desain grafis dan Multimedia. Kemaren gue udah ke Malang sama bokap daftar’in diri di universitas ASIA Malang. Makanya kemaren gue belum bisa update. Ini pertama kalinya gue ke Malang, yang merupakan kota idaman gue di Indonesia. Kesan awal di Malang itu adalah cuacanya nggak jauh beda ama di Madiun, cuman kalo di kota Batu-nya bener2 dingin banget. Dan penduduknya juga ramah-tamah, terbukti setiap kali gue dan bokap kesasar pasti ada yang memberi tau. Dan hari ini gue mo browsing tentang SBMPTN dan download materi2 soal SBMPTN. Doakan berhasil ya teman-teman, and see you guys.
Share this article :

4 komentar:

Unknown mengatakan...

keyeeennnnnnnn

Mochammad Azka Taufiq Reyzany mengatakan...

Wkwkwkwkw...

Unknown mengatakan...

Ane juga pengen gantung diri dipohon lombok gan :v

Unknown mengatakan...

Ane juga pengen gantung diri dipohon lombok gan