Minggu, 02 Juni 2013

Bo-Nyok ku Pahlawanku ...



Hai kawan2 setia bloggers Taufiq 545471...
Hari ini kita nggak akan terlalu cekakak cekikik, soalnya tujuan gue masih sama yaitu ngenalin diri gue lebih lanjut lagi. jadi hari ini gue mo cerita’in masa lalu gue dan bo-nyok (bokap-nyokap) gue.
Langsung saja ...


          Bokap gue kerja sebagai servis kulkas panggilan, maksudnya kalau ada yang nelpon kulkasnya rusak baru beliau kerja. Tapi Alhamdullillah setiap hari ada aja pelanggan yang nelpon. Tapi beliau nggak cuman bisa servis kulkas, tapi mesin cuci, ac, radio, VCD player, kalau temen2 ada salah satu barang tersebut yang mo dibenerin bisa hubungi gue. *Nape jadi promo??*. Bokap orangnya penyayang, pekerja keras dan dulunya adalah perokok wahid. Beliau seperti perokok pada umumnya, nggak betah banget kalo nggak ngerokok selama 1 jam. Padahal nyokap udah nglarang dan slalu negur bokap kalo beliau ketahuan ngrokok, tapi akal bokap pinter banget, ya bener ngrokok sembunyi2. Sebenernya gue nggak terlalu mempermasalahkan kecanduan ngrokok bokap, bokap juga sehat2 aja walaupun ngrokoknya saban 1 jam sekali. Yang gue permasalahin adalah kesehatan gue, gue jadi rentan sakit kalo deket2 bokap. Bukan, bukan karna takut tertular rabies. Iya, memang bener perokok pasif lebih rentan terkena dampak asap rokok daripada perokok aktif. Tapi keadaan langsung berubah ketika Arya wiguna menggebrak meja, bukan maksud gue keadaan berubah waktu gue menginjak kelas X SMK. Bokap langsung berhenti menjadi perokok, gue tau itu pasti sulit dilakukan bagi pecandu2 perokok lainnya. makanya saat bokap mutusin berhenti merokok dengan alasan biaya sekolah gue semakin mahal, gue langsung sujud syukur, dan gue jadi nggak takut lagi lama2 berada di rumah. Seperti karakter bapak2 lainnya, bokap orangnya juga pemarah. Waktu gue salah, bokap selalu marah. Dan bokap adalah tipe pemarah praktis. Maksudnya pemarah praktis adalah pemarah yang langsung nyampe’in kemarahannya langsung ke bermacam2 hal kesalahan di masa lampau. Apa ya, bingung gue kalo njelasin. Contohnya saat gue seandainya mecahin piring secara tak sengaja didepan bokap, dia langsung marah dan berkata
“Udah, Banting aja terus tu piring, dibelakang masih banyak kok. Nggak papa, semakin besar nggak semakin pinter tapi malah semakin bandel, udah belajar sekarang jarang, dan sholat juga nek gak disuruh gak mangkat. Awas aja nek rapotmu jadi merah2 semua, lihat tu anak orang lain, nggak ada yang sebandel kamu... kamu itu.... BLA.. BLA.. BLA..”

Dan gue berakhir di kamar mandi, dibawah pancuran keran air dan nangis. Masalahnya tadi apa sih, nggak sengaja mecahin piring kan??, kenapa bawa2 anak orang dan rapot segala, emang di rapot ada pelajaran membanting piring. Enggak kan..??. ya itu memang ciri khas dari bokap gue, bokap juga nggak segen2 main tangan kalo kesalahan gue udah kelewatan. Waktu gue mbolos/ colut sekolah 2 minggu waktu SMP dia langsung mukul gue abis2an, tapi akhir2 ini gue nggak mo buat beliau marah lagi, selain takut dan capek ngedenger ceramah bokap, gue berusaha mo jadi anak yang penurut dan berbakti. Meski begitu, kemarahan bokap juga cepet reda, dan cepet lagi berbaikan ama gue. Dan ucapan maaf dan makasih buat bokap, “Maaf banget kalo selama ini selalu nyusahin bokap, sering bikin jengkel dan marah bokap, sering nggerutu kalo diperintah, sering susah banget klo disuruh makan, sering nggak dengerin bokap, pokoknya banyak banget deh permohonan maaf ke bokap. Intinya maaf banget deh, dan terima kasih untuk kasih sayangnya selama ini, terima kasih udah ngebesarin gue, terima kasih udah  sabar ngadepin tingkah gue, dan terima kasih untuk segalanya dalam hidup gue”.

          Lanjut ke nyokap gue, dimata gue nyokap adalah sosok seorang pahlawan seumur hidup gue. Karna beliau gue bisa sampe sekarang ini, bisa sekolah, bisa makan enak. Pokoknya nyokap sudah banget-banget berjasa dalam hidup gue. Nyokap bekerja diluar negeri, yang gue tau di Hongkong. Banyak sodara, tetangga bahkan temen2 gue bilang ke gue ato pun bokap gue bahwa
“Ibu kamu kerja diluar negeri pasti duitnya banyak banget ya, wah enak itu”.
Dan asal kalian tau, gue sebel abis kalo udah dikata’in begitu. Kesannya itu nyokap kerja kesana itu tanpa hambatan, dan terkesan lancar. Sebenernya tidak, nyokap mati2an kerja disana demi bisa ngeliat anaknya bahagia, jatuh bangun perjuangan nyokap sampe bisa njadiin gue seperti yang sekarang ini. Menurut gue, kerja di luar negri itu 10 kali lebih sulit daripada kerja di negara sendiri. Dan untuk sekarang, nyokap masih belum jelas statusnya disana. Gue suka nangis sendiri kalo inget perjuangan nyokap yang seperti itu, apalagi kemaren nyokap telpon gue dan nangis ke gue, soal perkuliahan gue. Dan beliau pengen pulang nemu’in anaknya semata wayang buat melepas kangen, saat itu gue langsung kepengen nangis. Kemaren juga beliau sms gue yang isinya seperti ini :

Nyokap       :         Rez, sebenernya kamu sayang ibu gak to?? Soalnya dari                         kecil ibu tinggal terus, dan sekarang kamu ingin kuliah
                             Mungkin nggak bisa bantu banyak. Blz le..
Gue                  :         Maksudnya apa to buk..?? kok tiba2 omong gitu..??
Nyokap      :         kamu tinggal bilang, sayang nggak ama ibuk. Kan ibu                               nggak pernah dirumah seperti ibunya temen2mu.
Gue           :         ya sayanglah, sayang banget ampe nggak bisa diungkapin                      kata2. ;(


          Iya bener, gue dari umur 5 tahun udah ditinggal ke luar negri ama nyokap. Dan gue ama bo-nyok dulu masih tinggal di rumah nenek dari ibu. Dan waktu gue mo nginjek TK kira2 umur 6 taun, gue dipindahin ama bokap ke Desa Kertosari dan tinggal ama paman dan bibi gue dari sodara bokap. Dan sekolah TK sampe kelas 4 SD di kertosari. Tinggal numpang dirumah paman dan bibi itu, bagi gue udah seperti anak tiri. Apalagi gue juga ditinggal bokap, karna beliau kerja dari jam 6 pagi ampe jam 6 sore. Iya gue merasa sungkan, tinggal ama paman dan bibi juga anak2 mereka. Akibatnya gue merasa seperti dianak tirikan, gue nggak mo makan kalo nggak disuruh, ya bener karna gue sungkan dan biasanya nenek yang nyuruh gue makan. walaupun gue dirumah itu juga tinggal ama nenek dan Almarhum Kakek gue, gue selalu tidur di ranjang sendiri. Gue nggak diboleh’in tidur satu ranjang ama nenek dan kakek gue, apalagi ama bibi, paman, dan anak2nya. Nggak tau alasannya apa..?? mungkin mereka takut kalo iler gue ini menyebar dan menjadi virus bagi mereka, entahlah. Tapi gue saat itu masih polos dan nggak ngerti apa2 jadi gue ya nurut aja. Tapi kejanggalan semakin terasa, saat anak dari bibi gue yang lain, atopun sodara gue yang lain, numpang nginep dirumah bibi gue. Seisi rumah langsung ceria dan keroyokan untuk diajak tidur sama2 ama sodara gue yang numpang nginep itu. Saat itu gue seperti merasa najis. Mungkin saat itu mereka berpikir gue tergolong najis kronis, bukan wudhu dan mandi 7 kali lagi untuk membersihkannya, tapi syahadat ulang. Gue sempet ngrasa iri, dan karna sodara gue itu milih tidur ama nenek dan kakek, gue juga pengen tidur bareng ama mereka. Dan Alhamdullilah diijinin, dan gue langsung menggelar syukuran bersama. Meski, tidur bareng gue juga merasa disisihkan, sodara gue tidur ditengah kakek dan nenek gue, jadi dia di kelon’i, apa sih bahasa indonesianya, ya pokoknya dikelon’i ama kakek dan nenek. Sementara gue berada dibelakang nenek, dan kepala gue sejajar dengan pantat nenek. Karna masih kecil dan impian gue juga terkabul, tentunya juga lebih anget daripada tidur sendiri jadi gue seneng banget walopun harus nyium pantat nenek gue.

          Waktu diruang keluarga, dan nonton TV bareng pun atopun sekedar berbincang2 sekeluarga ama keluarga bibi gue. Gue selalu jadi orang yang di-bully, makanya gue jadi pribadi yang seperti sekarang ini. Pemalu, grogian dan selalu antipati saat baru kenal ama orang lain. Sifat itu semua, udah ditanamkan dari sebagian besar masa kecil gue. Dan gue juga berdoa, semoga gue nantinya punya rumah sendiri. Tuhan nge-jawab doa gue, lewat perantara pahlawan idup gue yaitu nyokap. Dan nggak berapa lama, gue dan bo-nyok punya tempat tinggal sendiri dan udah melepas ketergantungan kami kepada sodara2 kami. Ya intinya pengorbanan nyokap ke gue udah luar biasa banget, mungkin untuk permohonan maaf dan terima kasih dari gue ke nyokap, nggak bisa diungkapin dengan kata2. Karna memang banyak banget, kalopun itu bisa ditulis pasti udah ngalahin tebelnya novel Laskar Pelangi-nya kak Andrea Hirata. Jadi intinya ...

“buat nyokap dan bokap gue, maaf banget kalo anakmu yang bandel ini sering banget nyusahin bokap dan nyokap, apalagi nyokap. Kalo nyokap dirumah, gue seneng banget deh, apalagi kalo kita udah kumpul bertiga, rasanya dunia ini milik kita. Gue juga sayang banget ama nyokap, kalo nggak ada kalian mungkin gue hanyalah seonggok upil yang nempel dibawah meja. Makanya gue ucapin makasih yang sebesar2nya, masih belum tau cara ngebales kebaikan kalian. Tapi suatu saat kok, kita akan kumpul sama2 lagi dan tentunya berbahagia bersama. gue kangen banget ama nyokap, saat ini. Nulis ini juga, gue juga sambil nangis. Ya udahlah, buat nyokap sehat2 aja disana ya, dan jangan terlalu khawatir denganku  atopun bokap. Aku udah besar dan bisa jaga diri kok, kapan pun pulang aku akan seneng banget. I Love You and I Miss You”

Ucapan makasih banget, buat kalian yang udah setia ngebaca curhatan gue selama ini, dengan nulis ini gue udah merasa menumpahkan sebagian uneg2 gue. Jadi makasih banget buat kalian semua juga. Tentang kegiatan hari ini, masih sama dengan kegiatan yang lalu yaitu belajar buat persiapan SBMPTN. Dan waktu gue googling di yahoo (Hlo?) dan gue ketik www.google.com, dan nyari kuota universitas penerima SBMPTN, hasilnya cukup ngebuat jantung gue hampir tercerai berai. Karna di salah satu universitas negri saja peminatnya udah mencapai 10000 orang, dan hanya bisa nyaring sekitar kurang lebih 200 orang. Gue langsung pesimis banget, apalagi rata2 pesertanya kan anak2 SMA semua. Yang tentunya ilmunya udah mateng buat ngadepin tes itu, bukan seperti gue yang harus belajar sekitar 7 mata pelajaran dalam waktu kurang dari 20 hari, dan semuanya harus belajar mulai dari nol. Ya seperti gue bilang kemaren pelajaran SMK berbeda 180 derajat banget dari pelajaran SMA. Walopun pesimis, namun gue masih berusaha dan berdoa, siapa tau aja dapet keajaiban. Dan gue masih megang prinsip kuno yaitu
“Orang pintar kalah sama orang beruntung”

Oke see you guys..



Share this article :