Kamis, 29 Agustus 2013

PEMILU itu BULLSHITT ..



Hari ini gua libur kuliah soalnya lagi ada pemilihan umum di kota-kota daerah Jawa Timur.

Dulu waktu gue masih SD, SMP atopun SMK, gue bakal seneng banget dapet libur waktu sekolah. Itu Kenapa..?? Soalnya dulu, gue masih dirumah gue sendiri dan banyak alasan untuk dilakukan di rumah sendiri. Misalnya kumpul ma temen2, Nonton TV dll. Tapi berhubung gue sekarang di kost2an sendiri, karna memang tetangga kamar kost sebelah nggak dapet jatah libur kayak gue, dan juga belum terlalu kenal sama temen2 kampus, jadi agak sungkan jga buat ngajak mereka kumpul. Dan alhasil sekarang gue kesepian karna nggak ada orang yang diajak ngobrol. Tetangga sekitar juga dengan kesibukan masing2 karna memang mereka sedang melaksanakan coblosan pemilu. Jadi hal yang bisa gue laku’in untuk menghabiskan waktu adalah berkunjung ke perpustakaan UM buat nyari referensi materi.


Ngomongin soal Pemilu ...
Hari ini tepatnya, sedang dilaksana’in Pemilu di kota2 Jawa Timur, tak terkecuali tentunya Kota Malang. Pemilu sebenernya tak lebih seperti ajang pencarian bakat. Sama-sama menang karna hasil voting, jadi bisa dikatakan bukan menang karna kualitas mereka bagus, tapi karna temennya banyak. Tapi ajang pencarian bakat itu masih jauh lebih bermutu daripada Pemilu. Soalnya kalo ajang pencarian bakat seperti menyanyi misalnya, mereka tampil dulu baru kita bisa melakukan voting dan tentunya tau seperti apa kualitas mereka. Nah kalo Pemilu...?? Mereka belum ngapa2in, kita udah disuruh milih. Mereka (Pemilu) menebar-nebar janji yang sampe detik ini juga masih meragukan. Karna udah banyaknya kasus di Indonesia tentang ingkarnya Janji seorang dewan yang udah nyaman duduk di singgasananya. Janji mereka bullshit semua, kayak :

“KALAU AKU TERPILIH NANTI, SEMUA PENDIDIKAN SAMPE SARJANA, GRATISSS SEMUAAAA ...!!... HAHAHAHA”, *Terus mereka naek elang*

Bukti di kenyataan, masih banyaknya calon mahasiswa yang uda ketrima di salah satu perguruan tinggi negeri, mendadak menangis dan pingsan ketika mengetahui jumlah biaya yang harus dikeluarkan buat registrasi ulang.


Memang beda banget kan dibandingin ajang pencarian bakat yang kita voting dia setelah dia tampil. Kalo ajang pencarian bakat metodenya diberlakukan sama kayak pemilu, mungkin akan seperti ini 

“Kalo saya juara X-Pired nanti, saya akan bikin album yang bakal meledak sekali. Lagu-lagu saya bakal Go Internasional, dan album saya akan terkenal baik di dunia maupun akhirat, JADI VOTING SAYA.”

“Waahhhhhhh, Menjanjikan sekali..!! Coba nyanyi sekarang..??”

“Ya nanti dong, kalo saya juara”.

Apa jadinya gitu..??
Gue termasuk orang yang antipati banget soal urusan pemilihan wakil rakyat gituan, udah muak banget liat tingkah mereka kalo udah dapet kursi hasil pilihan rakyat. Apalagi sering banget terdengar isu-isu money politic sebelum pemilu dimulai. Mereka menyuap rakyat buat memilih dia.


Rakyat juga rata-rata gampang banget terpedaya, Hidup mereka 4-5 Tahun kedepan dibeli dengan harga uang 100ribu doang. Rakyat juga biasanya nerapin prinsip, siapa yang ngasih uang paling banyak, dia yang akan mereka pilih. Mereka lupa, kalo janji2 yang lebh besar sebenernya juga patut dipertimbangkan daripada uang 100ribuan. Dan efeknya, ketika wakil rakyat itu udah hampir habis masa jabatannya, rakyat bakal demo dimana-mana menuntut keadilan dan janji si wakil rakyat. Udah terlambat menyadari untuk menyadari itu semua...!!

Seperti yang gue bilang diatas, gue antipati banget kalo urusan pemilu. Apalagi soal kampanye, Di Kota gue Madiun, sebelu gue berangkat ke Malang, gue sempet nemu’in kampanye salah satu anggota caleg. Kampanyenya itu diada’in di jalan-jalan besar dan berarak-arak’an di jalan.

Waktu itu gue mo pulang dan agak keburu2 juga, dan sialnya dijalan itu macet banget karna kampanye itu. Apalagi ditambah kebisingan dari kader-kader caleg itu sendiri..!!

“AYOOO-AYOOOO WARGA KOTA MADIUN, COBLOS NOMER 99, DIJAMIN HIDUP ANDA LEBIH SEJAHTERA, AYOOO COBLOSS ..!!”
Gue gedek banget denger gituan, dan pengen gue jawab
“WOOOEEEYYYY KAMPREEEETTTT, SEJAHTERA APA”AN...?? LU UDAH GANGGU PERJALANAN GUE BEGOOOOOO, KAMPANYE DI LAPANGAN SONO ....!!”.

Tapi gue urungin mengingat kader2 itu bertubuh 3 kali lipat dari gue.
Belum kepilih aja mereka udah nyusahin rakyatnya, kampanye kok sampe ngebuat macet jalan utama. Maksud gue, dilapangan kan juga bisa..?? lebih luas dan nggak terlalu ngeganggu pengguna jalan yang keburu2 kayak gue kemaren. Terus nggak usah lo kampanye tereak-tereak gitu, mending lu ada’in pengajian bersama sebagai bagian acara kampanye lo. Kalopun acara itu juga nggak terlalu menarik minat dari rakyat, ya lo kan udah dapet pahala dan restu dari Tuhan YME.


Dan disini gue Cuma mo bilang, pilihlah sesuai hati kalian aja. Jangan ada tekanan dari siapapun buat memilih wakil kalian selama 4-5 tahun kedepan. Kalopun esok, hasilnya mengecewakan dari harapan hati kalian sendiri. Ya minimal lu bisa intropeksi diri, dan nggak perlu buat nyalahin orang lain. Dan lebih syukur kalo pilihan hati lo itu sangat membanggakan.

Pesan ini disampaikan oleh : DAPPSA (Duta Anarki Pemilu Persatuan Seluruh Antartika)
Share this article :

0 komentar: