Sabtu, 24 Agustus 2013

PKPT ≠ OSPEK




Allhamdullillah PKPT  (Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi) di Universitas Negeri Malang sudah selesai. Sebagai maba, besok hari senin gue udah mulai aktif dalam jadwal perkuliahan. Dan senengnya gue udah dapat kost2an sendiri, setelah selama PKPT itu gue numpang dulu di kostnya temen gue si Ruben.


Dan gue akan me-review PKPT di UM, langsung saja :



Gue lega banget karna PKPT di UM bukan seperti yang gue bayangin (seperti gambar diatas), kayak ospek mahasiswa dimana maba nya didandanin kayak orang kehilangan jati diri. Seperti diberi identitas diri kayak “Aku Kuda” dan digantungin di dada maba, dan harus dipake dari rumah sampe ke kampus. Ini kan ngebuat mental down banget ya, orang2 yang lewat bakal ngira ni anak bingung dengan disorientasi sexualnya sendiri. Terus yang cewek non jilbab, rambutnya dikuncir dan dikepang dua, yang cowok rambutnya dibentuk shaolin semua.

Dan disini gue seneng dan lega banget, karna maba UM diperlakukan seperti raja oleh kakak-kakak senior. Pada hari pertama PKPT, kita disajikan dengan hiburan-hiburan yang keren dan menarik. Kayak acara operet, paduan suara, pencak silat, atraksi dan masih banyak lagi, dan disitu semua tergabung dalam UKM (Unit kegiatan Mahasiswa), bisa dibilang kayak ekstrakulikulernya SMA/SMK lah.

Acaranya keren, tapi sekeren2nya acara akan tiba masanya acara itu bakal jadi ngeboringin. Kayak kemaren acaranya terlalu banyak nampilin pendekar-pendekar, puluhan pendekar dari perguruan mereka tampil satu persatu. Dan ngebuat maba jenuh, mungkin kalo diselipin si pemeran patah tulang ato berdarah-darah acara itu pasti bakal lebih rame dan..... dibubarin. Dan disitu fungsi snack dalam sebuah acara sangat penting, ketika acara udah mulai ngeboringin, panitia dalam sebuah acara bakal ngebagi’in snack. Itu sebetulnya cuma pengalihan alibi doang. Awalnya kita ngomel2 pada acaranya “ACARA APA’AANNN INI, Garring banget”, setelah snack dibagi’in kita jadi ngomel2 pada cateringnya “MAKANAN APA’AN INI Cuma Aqua sama emping doang..??”.

Tapi semua itu udah biarin, karna maba di UM sudah diperlakukan terhormat dengan suguhan acara-acara dari panitia. Applause buat mereka, padahal muka udah gue polos2in, badan udah gue cungkring2in, itu semua gue lakukan demi menarik simpati dan empati dari kakak2 kelas jikalau PKPT itu sama kayak ospek yang di tipi2 itu. Ya minimal kalo kakak kelas mau ngebully gue, gue bakal ngepolos2in wajah dan berakting dengan wajah sendu biar kakak kelas kasian dengan bentuk gue, dan mereka merasa iba ke gue dan akhirnya memutuskan untuk menunjuk maba lain yang siap dibully. Tapi rencana wajah polos dan badan cungkring nggak kepake disini.

          Acara hari kedua, maba dipisahkan berdasarkan fakultasnya. Fakultas sastra di gedung sendiri, fakultas ekonomi di gedung sendiri, dll. Itupun disetiap fakultas masih dipisah lagi, kayak Fakultas Teknik dibagi2 menurut jurusannya masing2, sipil sendiri, elektro sendiri dll. *Bagi yang nggak ngerti, Loncat aja ..... ke jurang*.

Dan pada hari kedua PKPT juga diperlakukan secara manusiawi, gue yang tergabung dalam jurusan Teknik Elektro kebagian tempat di gedung mewah, nama gedungnya adalah Sasana Krida. Disitu acaranya, dosen2 UM kususnya Fakultas Teknik memperkenalkan diri lewat presentasi di layar monitor dan masih banyak acara lagi yang gue lupa. Hehehe.

          Dan hari ketiga PKPT, juga jurusan elektro masih ada di gedung Sasana Krida. Masih sama seperti PKPT hari kedua, konteksnya masih presentasi. Tapi yang ini lebih menarik karna mempresentasikan UKM-UKM yang ada di UM. Kayak Pecinta alam, Penulis, ekskul olahraga seperti sepak bola, basket, volley dan masih banyak lagi. Dan gue berminat banget buat gabung di UKM Penulis.

          Hari ke-empat PKPT masih sama konteksnya seperti hari kedua dan ketiga yaitu presentasi. Tapi acaranya beda, yaitu mengusung tentang materi pembelajaran dan tata tertib kampus, tentang Perpustakaan dan fasilitas2 kampus lainnya kayak WIFI dsb, dan dilanjutkan ke acara yang paling ditunggu-tunggu oleh maba dan disambut dengan sorak sorai penuh gegap gempita di seluruh penjuru maba, nama acaranya yaitu ....... Penutupan.

          Hari kelima yaitu hari jum’at kemaren, PKPT udah selese dan dilanjutkan dengan acara Open House. Yaitu acara dimana maba UM akan diperkenalkan dan dipersilahkan mendaftarkan diri di UKM yang diminati. Disitu maba juga diperlakukan istimewa oleh kakak2 UKM, berbagai cara mereka lakukan agar maba gabung dengan UKM mereka masing2, kayak mbagi’in striker gratis kalo maba gabung sama UKMnya, ato diberi setengah roti sebagai tanda selamat bergabung.

          Gue pribadi gabung dengan UKM penulis untuk sekedar nyalurin aspirasi dan hoby menulis gue, daripada corat coret di blog kek gini. Dan di UKMP (UKM Penulis) juga diadakan lomba buat cerpen sejawa-bali, Dan gue juga iseng2 buat cerpen untuk dilomba’in. Gue udah selese bikin cerpennya dalam dua versi yaitu versi gaya bahasanya Bang Raditya Dika, dan versi gaya bahasanya Kak Andrea Hirata.


Karna memang menulis itu udah ada dalam diri gue waktu gue masih SD. Waktu SD kelas 5-6, gue dulu juga suka bikin cerpen dan gue jualin ke temen sekelas. 1 lembar cerpen gue dulu, gue hargain 100 rupiah. Pelanggan setiap hari juga banyak banget, rata2 mereka adalah cewek. Karna banyaknya perminta’an dari hari ke hari, akhirnya cerpen gue juga semakin ngaco karna kehabisan ide buat bikin cerpen.

Gue mbaca legenda2 rakyat dan dongeng2 fiksi, lalu gue campurin isi ceritanya dan gue tulis lagi sebagai cerpen buatan gue. waktu kecil gue udah menjadi Plagiarisme Professional. Kayak misalnya, roro jonggrang gue fix’in dalam cerita Malin Kundang, dan disitu roro jonggrang yang durhaka dikutuk oleh ibunya jadi batu dan jadilah Candi Prambanan. Terus cerita Sangkuriang gue campurin dalam cerita si Kancil dan Kura2. Disitu ceritanya juga asli random abis, kayak Sangkuriang yang balapan sama kura2. Dan pelanggan gue juga nggak merasa ketipu, karna mereka juga nggak tau cerita asli yang sebenarnya.

          Bukan cuma UKM Penulis yang ingin gue join’in, tapi gue berminat buat gabung dalam UKM Pemusik (Paduan Suara), gue lupa nama UKMnya. Banyak motivasi gue buat gabung dalam UKM ini, disamping gue pengen ngebunuh 100 jiwa dengan suara gue, disitu gue juga pengen buat belajar main piano dan mengenal apa itu chord..??. ya kalau diperbolehkan gue pengen gabung dua UKM itu, karna ada pepatah bilang “Banyaknya UKM yang lo gabungin, berbanding lurus dengan kesempatan lo buat dapet pacar”. Apa lagi penulis dan paduan suara itu rata2 membernya adalah kebanyakan cewek. Gue semakin semangat..!!.

          Tapi tenang aja, bukan alasan dapet pacar itu yang pengen gue dapetin. Karna tujuan gue adalah nyalurin aspirasi dan hobi gue,  menambah relasi dan menambah ilmu seperti yang gue bilang dalam episode “Pentingkah Pendidikanuntuk Masa Depan..??” kemaren. Kalopun beneran dapet pacar/jodoh disitu, itu hanyalah bonus semata.

Oke guys, gue mo preparin diri buat ngadepin perkuliahan yang sebenernya besok pada hari senin. Jum’at sore kemaren gue juga pulang ke Madiun buat ngambil barang2 gue yang masih tertinggal, dan Minggu sore gue rencana udah sampe lagi ke Malang. Doa’in rencana itu berjalan sesuai yang direncana’in. Oke guys see you ...

Share this article :

0 komentar: