Senin, 05 Agustus 2013

Pentingkah Pendidikan Untuk Masa Depan..?? (Pro n Kontra)




Kali ni gue akan ngebahas tentang seberapa pentingkah pendidikan untuk masa depan. Ini sekalian juga nanggepin status sosmed dari temen gue yang menurut gue ngebuat down mental banget bagi maba2 seperti gue ini, ato yang udah siap2 angkat topi ijazah. Nggak bakal ada asap klo nggak ada api, dan bakal ada pro di setiap kontra, gue juga nggak ngerti maksudnya apa’an langsung aja daripada makin ngaco ini statement dari temen gue via status Fesbuk yang gue kutip :


“Jika anda beranggapan dengan punya pendidikan tinggi, maka akan mudah mendapat pekerjaan. Sayangnya kita sudah bukan di era tahun 80an. Jaman dulu, seorang sarjana sangat dihargai karena jumlahnya tidak sebanyak sekarang. Namun sekarang, hampir setiap orang adalah sarjana sehingga semakin lama semakin tidak ada harganya. Karena itu bukan hal yang mengagetkan apabila saat ini kita menemukan begitu banyak orang2 disekitar kita yang telah lulus, tidak kunjung mendapat pekerjaan/dihargai terlalu rendah, sehingga akhirnya terpaksa membuat usaha sendiri, melanjutkan usaha orang tua, menjadi agent property/investasi dll.”

Ini kan ngeselin banget ya, Ketidak terima’an tentu ada dong. Karna gue adalah calon maba dan pernah ngrasain gimana kampretnya tes ujian masuk PTN. Dan dia seenaknya jidatnya ngejudge dan ngebully calon sarjana/udah sarjana. Walaupun gue nggak menyalahkan 100 % pernyata’an diatas, tetep aja itu ngrendahin banget. Tapi biar adil gue nggak akan ngebela satu sisi, gue akan jadi pro dan kontra sekaligus untuk tema “Pentingkah Pendidikan untuk Masa depan” kali ini.
Pertama gue akan jadi sisi pro, itu berarti gue mengamini statement diatas. Dengan kata lain jawaban gue kali ini dalam pertanya’an Pentingkah Pendidikan untuk Masa Depan adalah “Penting nggak penting sihh...!!”. *sumpah gue beneran bingung dalam episode kali ini*.

Ada benernya sih pernyataan diatas, kita bisa lihat juga banyak orang yang udah dapet gelar S1 misalnya, dia biasanya bingung mo ngapa’in lagi. Mo nglamar kerja disebuah perusaha’an, malu kalo IPKnya mepet, mo nglanjutin study lagi otaknya udah geser gara2 kelar mikir skripsi, ato biasanya faktor ekonomi. Masak dia kalah sama anak TK sih..?? anak TK aja tau kalo mereka lulus TK, mereka mo jadi SD. 

Terus pernyata’an diatas juga diperkuat kalo lulusan sarjana zaman sekarang melesat pesat banget jumlahnya. Walaupun gue belum pernah berhasil nemu’in survey tentang jumlah sarjana di Indonesia, tapi dari yang gue amatin sendiri, lihat aja jumlah pelajar di Indonesia itu banyak banget. Gue ambil contoh aja, jalanan biasanya sepi itu kalo lagi musim libur sekolah. Drastis banget bedanya, giliran udah mulai aktif sekolah liat deh jalanan mulai rame dan malah kadang macet. Itu sedikit banyak membuktikan bahwa jumlah pelajar di Indonesia sekarang udah banyak banget.

Ngomongin soal pendidikan untuk masa depan juga Identik dengan cita-cita. Waktu gue SD dulu, gue sering banget distimulan guru gue dengan kata2 seperti ini “Gantunglah Cita2mu Setinggi Langit”. Ini kan sebenernya nyusahin muridnya ya..?? Cita2 kok digantung..?? Udah gitu nggak diajarin secara spesifik gitu, nggantungnya itu gimana..?? Nggantungnya pake apa..?? terus yang dimaksud itu langit2 apa..?? makanya jangan salahin kalo anak kecil sekarang itu labil2 banget. Ditanya cita2nya apa, jawabnya jadi dokter, besoknya ditanya lagi mo jadi apa, dia berubah lagi mo jadi pilot. Kebanyakan nggantung cita2 sih..!!. Udah gitu belum abis perkara soal kata2 tadi, menginjak SMP gue udah diajarin lagi yang baru “Gapailah Cita2mu”. Ini kan  jadi dua kali kerja, udah susah2 nggantung cita2 setinggi langit, disuruh nggapai lagi. Untung waktu SMK, guru gue dulu nggak bilang “Pendamlah Cita2mu sedalam samudera”. Kan ribet aja gitu, waktu udah masuk bangku kuliah suruh nyelem buat ngambil cita2 yang gue pendem waktu SMK.

Dan cita2 itu juga tergantung dari siapa yang nyebutin dan apa yang disebutin. Kayak dulu presiden kita yang pertama, IR Soekarno itu pernah bercita2 untuk mengguncang dunia. Jadi Beliau bilang gini “BERIKAN AKU 10 PEMUDA, MAKA AKAN KUGUNCANG DUNIA”. Kenapa itu keren..?? Karna yang ngomong Bapak Soekarno, gue nggak kebayang aja kalo tiba2 presiden kita sekarang tiba2 ngomong gitu “BERIKAN AKU 10 PEMUDA”, jangan2 dia mo bikin Boyband.

Ya itulah sisi gue yang lain, sisi pro terhadap pernyataan diatas. Dan sekarang gue mo balik jadi diri gue sendiri, langsung aja.. *dalam episode kali ini gue jadi orang terlabil di dunia*.

Kalo menurut gue yang calon maba dan Insya Allah calon sarjana, gue secara terang2an nggak setuju dengan statement diatas. Karna kenapa..?? Klo lo dari lulusan sekolah siap kerja itu sah2 aja klo lo nggak nerusin study lagi. Tapi kan semuanya juga bukan lulusan dari sekolah siap kerja seperti SMK dan spesiesnya. Ada yang dari lulusan SMA yang otomatis perlu untuk mencari jati diri mereka di perkuliahan. Walaupun gue juga lulusan sekolah siap Kerja (SMK) tapi untuk sekarang gue ngesampingin pribadi gue dan menempatkan diri untuk membela orang yang bener2 niat kuliah.

Walaupun banyak banget jumlah sarjana di Indonesia, tapi sedikit banget dari mereka yang bener2 lulusan top. Banyak sarjana yang asal lulus, yang penting IPKnya udah memenuhi standart mereka bisa angkat topi wisuda. Menurut gue juga nglanjutin study juga bukan melulu soal mencari gelar, banyak hal yang bisa kita dapetin secara langsung ato tidak langsung di kampus. Misalnya :

1.     Lo bisa mengenal dan memahami karakter berbagai orang. Disana lo bisa bertemu temen, disana lo bakal bertemu dengan dosen, dan mungkin lo bisa dapet pasangan/pacar. Yang cowok bisa dapet cewek, yang cewek bisa dapet cowok, dan mungkin klo lo cowok suka cowok lo juga bisa dapet cowok.

2.     Menambah Relasi. Jelaslah ada pepatah bilang “Banyak temen banyak rejeki”, klo lo punya 30 temen dengan tanggal ulang taun yang berbeda aja, lo udah menghemat pasokan makanan buat 1 bulan. Apalagi klo lo pintar bergaul dan punya temen 365 orang dengan tanggal dan bulan lahir berbeda. Lo nggak perlu pusing mikirin makanan selama lo kuliah. Tentunya sehabis wisuda relasi lo dengan teman2 ini jangan diputusin, karna percayalah, klo bener2 tulus sahabatan ama seseorang niscaya lo bakal ada yang menolong.

3.     Lo bisa mendapatkan Banyak Ilmu. Jelas dong..?? dan bukan ilmu pelajaran doang, klo misal lo ikut extrakulikuler. Misalkan lo udah dapet ilmu IPA, Bahasa, Mathematic, terus lo ikut extrakulikuler basket, menjahit, menari, apapun itulah. Dan tentunya lo juga bakal dapat ilmu tentang bagaimana cara menyontek yang baik dan benar. Dan itu sangat penting.

4.     Lo bisa tau tentang Basic menjadi enterpreneurship. Ngaku deh..!! Lo pasti pernah dong waktu sekolah lo nyoba2 jualan sesuatu gitu, jualan pensil, jualan kue, jualan es, atau jualan barang lainnya. Ato yang paling menarik dan laris sekarang adalah jualan kunci jawaban.

5.     Lo bisa tau tentang identitas lo. Hmmm... gampangnya identitas lo sebagai pelajar di sekolah itu. Klo misal lo udah lulus sekolah dan pengen nglanjutin kuliah, lo bisa dapet identitas yang paling keren. Yaitu namanya jaket almamater. Inget ya..!! Jaket almamater ini harus lo jaga, tentunya dibarengin dengan kelakuan dan sikap lo, harus lo banggakan. Jangan di pake dilampu merah buat minta sumbangan.

6.     Klo lo nerusin study lagi, lo bakal dapet cerita kehidupan. Disana lo bakal ngalamin berbagai kejadian yang bisa lo inget ntar di masa tua, dan lo bisa cerita’in ke anak cucu lo  . Tentunya akan manis banget, Misalnya gue cerita “Dulu waktu gue sekolah itu sangat menarik, dulu juga waktu gue masih sekolah berat badan gue segini, sampe sekarang tetep aja segini.”

Oke guys, segitu aja dulu tangan gue udah capek buat ngetik terus. Tentunya juga ngak bakalan ada habisnya buat nyari sisi positif pendidikan ato negatifnya pendidikan. Karna semuanya itu pasti inbalance antara negatif dan positif. Ohh ya terima kasih juga buat bang Ryan Andriandy, bang Raditya DAMN, bang Alitt  Susanto buat referensi  jokesnya yang acap kali gue selipin di setiap tulisan gue... Hehehe.. Oke see you later guys..
Share this article :

2 komentar:

Unknown mengatakan...

seru ka,,, tapi kalok menurutku kuliah ato enggak itu harus dilihat subjeknya,, kalo subjeknya anak yang pas2an + nggak pinter2 amat, nggak mungkin dipaksain buat kuliahkan mesti ada jalan lain yang bisa ia capai....
tapi untuk yang selainnya aku sependapat kok,,, memang kesuksesan nggak dinilai dari seberapa tinggi pendidikan, tapi untuk menilai potensi sukses seseorang standat utamanya ya pendidikan... semoga sukses dengan karir yang qm ambil.....

Mochammad Azka Taufiq Reyzany mengatakan...

Oke Daf . . . Jalan lain itu adalah ketekunan dan bekerja mungkin . . Hahaha . .

AMIINNN . . semoga sukses juga kamu . .