Minggu, 06 Oktober 2013

Harapan Gue Selama 1 Tahun kedepan (Part 1)




          Tanggal 14-15 September kemaren, di kampus gue (UM) ada acara untuk para mabanya, yaitu LDKME (Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa Elektro). disitu acaranya kayak seminar gitu lah, dan para maba dituntut untuk berperan aktif dalam acara tersebut, misalnya ikut andil dalam menyumbangkan aspirasi sosial, kritik yang membangun, pertanya’an yang ditujukan pada pembawa materi, games, dsb. 




          Acara LDK itu sendiri bertujuan untuk membentuk jiwa kepemimpinan Mahasiswa baru di UM, seperti tema-nya. Dan kali ini gue nggak akan terlalu rinci membahas tentang tu acara, tapi ada satu acara yang berkaitan dengan hal yang akan gue bahas hari ini.

          Pembawa materi acara itu (gue lupa siapa, dan apa topic yang dibawakannya), yang jelas para maba disarankan untuk membuat catatan kecil, dan catatan itu berisi tentang 10 cita-cita/harapan selama 1 tahun kedepan yang akan dicapai, dan sesudah itu ditempelkan di kamar masing2. Gue sudah menuliskan daftarnya, dan berikut list 10 harapan, yang pengen gue capai di 1 tahun kedepan, CEKIDOTT , JEBRET . . .

1.     MASIH HIDUP DAN SEHAT WAL’AFIAT
Jelaslah, nggak guna juga gue capek2 nge-list harapan gue, kalo takdir mengatakan gue harus dipulangkan lebih awal. Makanya, gue berharap untuk minimal 1 tahun kedepan, dan maximal kalo gue udah merasakan hasil keringat gue selama ini, gue masih diberi kehidupan oleh Allah SWT. Dan nggak guna juga gue idup sampe 1000 tahun, tapi sering sakit2an, kanker payudaralah, sifilislah. That’s so Phatetic, makanya harapan ini gue taro di nomer pertama. Amin


2.     MENGAKHIRI MASA JOMBLONOGY
Joblo itu mudah diomongin, tapi susah dijalanin. Gue udah nggak habis pikir aja, kenapa masalah ini belum juga menemui titik terang. Ke-akut’an ini sudah parah banget, sebagai tuna-asmara dan fakir cinta gue rentan galau. Kalo ada yang bilang “Mendingan jomblo, daripada Pacaran Galau Terus”. Itu bullshit, efek galau seorang jomblo kronis, itu lebih berbahaya daripada yang LDR/Pacaran.

          Jomblo lebih sering galau, apalagi kalo malam minggu tiba. Gue juga udah gedek banget kalo ditanya ama temen gue perihal malming. 

“Bro Malming mo kemana . . ??”.

“Ndx kos aja bro, ngemilin baygon”.

Ato

“Bro Lo nggak keluar sama pacar/gebetan lo di Malming ini bro..??”.

Itu pertanya’an yang simple, tapi susah buat dijawab oleh para pengidap jomblonology overgalaunius. Mungkin kalo seorang JoBa (Jomblo Baru) bisa berdalih dengan 

“Pacar gue sibuk bro, katanya dia ikutan ngrame’in sunatannya kamen Rider”.

Mungkin temen2nya bisa percaya, karna dia seorang joba.
Nah kalo gue, gue yang udah terkenal sebagai sosok jomblonolgy overgalaunius, yang udah terkenal sebagai Jopala (Jomblo paling Lama), tentunya alasan sedramatisir apapun, temen gue pasti nggak percaya.

“Waduuuhhh pacar gue kemarin masuk rumah sakit pertamina bro, kayaknya sih fungsi motoric dari jari tangannya mengalami konspirasi kemakmuran bro. malah kayaknya otaknya sedang terkudeta oleh hal-hal yang dianggap labil bro, doa’in semoga umur nya panjang ya broo .”

Reaksi Temen gue pasti :

Wahhhh pasti april mop ini, ni pasti gue sedang dikerjain ini. Ni pasti acaranya Trans 7 ini, kamera mana kamera . . .??”.

Makanya jadi jomblo yang udah tercemar itu serba salah, mo bo’ong salah, mo jujur dikira, gue punya kelainan sexual, (baca = homo).

Makanya itulah kenapa, poin harapan ini, gue taruh di posisi ke dua. Sebenernya kriteria cewek gue juga nggak muluk2 amat kok sederhana aja asalkan dia seiman, sejalan, bukan cuma cantik luar, tapi juga inner beauty, mau susah seneng bareng, mo makan diwarteg, mo boncengan naik sepeda fixie, nggak materialistis, suka makan gorengan, berjilbab, suka warna biru, smart, nggak labil, dewasa tapi manja, pinter ngatur waktu, mau kalo disuruh ngerjain skripsi gue, rela nebengin kalo gue lagi crismon, nggak malu kalo gue ajakin liburan ke lumpur lapindo, dan masih banyak lagi.


Bener kan kriteria gue dalam memilih pasangan nggak muluk2 amat, sederhana sebenernya, tapi kok susah banget nyarinya. Ya udahlah semoga setaun kedepan impian itu bisa terealisasi.

Sebenernya dapet pasangan itu mudah kok, mungkin guenya aja yang udah termind-set sama film2 romantiz luar/dalam negri. Padahal kalo dipikir ulang, film romantiz barat itu nggak ada yang normal. Lu pernah liatkan filmya romeo dan Juliet, yang romeonya nembak si Juliet di bawah balkon rumahnya si Juliet, kalo difilm itu emang romantiz dan so sweet banget. Tapi kalo diterapin di Indo, yang nembak pacar model begitu itu Cuma pembantu rumah tangga doang.


Terus ada adegan lagi di film romantis yang gue anggap romantis, tapi klo ditelusuri itu freak banget. Misalkan waktu udah pagi, terus si pasangan itu baru bangun dari tidur dalam posisi naked tentunya. Dan si cewek biasanya ngomong dihadapan cowoknya “Good Morning Honey”, trus mereka ciuman. Itu mulutnya nggak bau naga apa . . ??.

Ya itu yang uda bikin gue termind-set bahwa mencari pasangan itu paling so sweet kalo seperti di film, makanya gue jadi pengidap jomblonolgy overgalaunius.
 
Tapi ada enaknya juga loh, kalo misalkan lo pecinta film romantis dan pasangan lo kagak begitu suka. Lo bisa pake quote quote romantis dalam film itu buat ngegombalin pacar lo.

Kayak gini misalnya

“Wahhh disini sepi banget nich, temani q dong say . . ??!!”.

“Pecahkan saja gelasnya biar ramai. Biar mengaduh sampai gaduh.
Ada malaikat menyulam jarring laba2 belang di tembok keratin putih, kenapa tak goyangkan saja loncengnya biar terderai.”

“wahhh kamu puitis banget sih, romantis gitu dech . . “

“ Jelaslah, gue Gitu loh say . . “.

Ato mungkin yang seperti ini

“Aduuh say, aku boring banget nich say. Kamu kalo boring biasanya ngapa’in say . . ??”.

“Kulari ke hutan kemudian menyanyiku, kulari kepantai kemudian teriakku. Sepi, sepi dan sendiri. Aku benci, aku inin bingar, aku mau di pasar. Bosan aku dengan penat, dan enyahlah saja kau pekat. Seperti berjelaga ketika ku sendiri. Atau aku harus lari kehutan belok kepantai . . .”.

Wahhh kamu mirip Rangga AADC ya .  .??”.
“ . . . . . . . . .  -_-“. (Mission Failed)



3.     SEMESTER 1 & 2 LULUS DENGAN SENYUMAN
Walaupun masih proses adaptasi, ya adaptasi dengan lingkungan, dengan pelajaran yang notabene dari SMA. Gue berharap banget semester 1 & 2 bisa lulus dengan senyuman dan IP yang memuaskan.

Gue jadi semakin optimis, tatkala kakak2 kelas di UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) bilang kalo fakultas teknik itu buat mencapai IP 3.2 keatas mudah banget. Intinya sama lah kayak di SMK dulu, yaitu lo jangan bolos semata kuliahpun di kampus. Dan kalo ada tugas, cepet selese’in di batas waktu yang ditentukan dosen.


Kalo di SMK dulu, batas waktu seminggu, kita telat ngumpulinnya selama 1 bulan, kita masih dapat toleransi. Tapi kalo di kuliah, batas waktu segitu, harus sanggup diselese’in segitu. Dan keputusan dosen adalah bersifat mutlak dan tidak dapat dinegosiasikan.

Itu Tips dari kakak kelas, entah itu bisa disebut tips atau propaganda, yang jelas gue mah manut aja lah, daripada keblinger ntarnya.
Untuk harapan ini, Amin Ya Robbal Alamin.



4.     LAPTOP TER-UPGRADE DAN BISA BUAT INTERNETAN LAGI
Ini harapan gue yang sejauh ini, dapat terealisasi. Laptop gue sekarang udah bisa buat internetan lagi, dan sudah ter-upgrade ke windows 8, yang punya fitur2 keren didalamnya. Itu semua berkat bantuan temen gue di kampus. Special thanks to kepada Muhammad Mirza, udah benerin Laptop gue yang nyaris tak tertolong lagi.
Doi juga orangnya baik banget, terhitung sudah 4 X dalam sebulan, doi nraktir gue. 3 kali makan, dan 1 X es Capuccino. Makasih banget buat traktirannya. I Love . . . ergghhh emmm . . . *nggak jadi*.

5.     MENANG LOMBA CERPEN
Kalo yang nomer 4 tadi adalah impian gue yang udah terealisasi selama setahun kedepan. Beda nasib sama yang ini, cerpen gue gagal dengan mempesona di lomba cerpen se Jawa-Bali yang diada’in oleh UKM Penulis UM. Gue kecewa sekaligus maklum, kecewa tentunya gue gagal menang. Dan maklum karna saingan gue dari judulnya aja udah sastra banget. Beda sama tulisan gue yang terkesan acak-kadul dan apa adanya kek gini. Jurinya juga seorang dosen di Universitas Brawijaya. Itu membungkus rasa optimis gue dalam kemenangan lomba ini. Gue nggak pinter nulis sastra kayak bang Andrea Hirata ataupun bang A.Fuadi (Penulis Trilogi 5 menara).


Walaupun sebenernya gue juga ngirimin 2 cerpen dalam 2 gaya bahasa. Gaya bahasanya bang Radit DAMN, dan gaya bahasanya bang Andrea. Tapi semua itu belum cukup untuk mengalahkan pesaing2 gue yang notabene udah syarat pengalaman.

Kapan2 gue akan share 2 cerpen gue di sini, *yang gagal dengan mempesona*.

Untuk sementara sampe 5 dulu, gue share cita2 gue selama 1 tahun kedepan. Insya Allah ntar sore / besok dilanjutin lagi. Mo bobok siang dulu, pegel ngetik terus. . .

Share this article :

0 komentar: