Kamis, 17 Oktober 2013

She is My Sista (Just Clarification)






Sebelumnya gue mo ngucapin selamat Idul Adha 1434 H bagi yang merayakannya, buat para kurban kejadian ini (kambing, sapi, kebo dan spesiesnya) yang sabar aja yah . .!! semoga keluarga yang ditinggalkan mendapatkan ketabahan dari Tuhan YME.



Dan gue juga mo minta maaf kepada readers klo kali ini gue belum bisa nepatin janji gue untuk nglanjutin cerita “10Cita-Cita gue selama 1 tahun kedepan " dan janji untuk nguploadin cerpen gue yang gagal dengan mempesona di lomba cerpen kemaren. Karna ada hal yang lebih penting, yang mo gue lurusin disini, 

Langsung aja . . . simak kisahnya . . . *jeng jeng jeng*

Libur dan pulkam kali ini memang liburan yang paling berkesan buat gue, walaupun Cuma 5 hari, tapi gue puas banget. Yang pertama, sang Nyokap ternyata juga udah ada di rumah, waktu gue pulkam. Bisa kumpul2 sama anggota GK (Group Konyol), walaupun nggak lengkap. Dan mereka (anggota GK) sudah mengalami sedikit kemajuan dalam berbagai hal. Dinivan aka UNA yang uda semakin paham soal windows, karena juga kegetolannya dan keingintahuannya soal produknya bang Bill itu. Roni yang uda nggak jomblo lagi, dia lagi mengalami transisi Extra time dengan ceweknya yang dulu. Waktu itu dia lagi di-break’in sama ceweknya, sekarang udah lanjut pertandingannya. Dedi yang punya Laptop baru, kemaren dia ke rumah gue buat minta file2 dari gue. Untuk kabar dari Ahmad, Kuntul, dan A-Hong masih belum jelas keberada’an mereka dan apa kabar bagus dan buruknya dari mereka. Yah semoga aja libur semester ini bisa kumpul-kumpul bareng lagi. About gue sendiri, kemajuan gue adalah. . . . ehhmmmm . . . kemajuannya , , , udah bisa nelen Panadol nggak pake aer, itu kemajuan bukan . . ??

Bukan Cuma hal2 yang diatas tadi aja yang bikin gue seneng banget dalam pulkam ini. Selain juga hari itu bertepatan dengan Idul Adha, tapi juga sodara ane dari Jakarta yang katanya juga mo maen ke Madiun. Tapi sayangnya nggak semua bisa kumpul, bulek gue (tante dari sodara ibu) yang di Jakarta kesini cuma bawa 1 anaknya, yang 2 lagi sedang menjalani UTS.
Satu anaknya yang dibawa itu adalah, temen gue maen waktu SD kelas 4-5. Dan udah 9-10 tahun’an gue nggak ketemu langsung ama dia. Contact paling cuma lewat sms atau fesbuk, dan hari itu kita bisa kumpul lagi. Daripada penasaran, sosok “dia” itu siapa, nih gue kenalin, biar semakin banyak orang yang terkenal tercemar berkat blog gue. 

Namanya adalah Tamariska, (gue lupa nama panjangnya), doi kelahiran asli Jakarta, dari ngomongnya aja udah Jakarta banget pake Lo-Gue. Walaupun gue udah nggak asing dengan bahasa kek gitu, karna di Blog, gue juga make bahasa gitu’an. Tapi untuk lidah orang jawa tulen, ngobrol langsung ala Jakarta kek gini bakal mlintir lidah. 

Doi anak pertama dari 3 bersaudara, sama kayak gue dia juga uda lulus SMA/SMK, karna memang kita sepantaran. Dia udah tercatat 4 kali kerja di tempat berbeda, terus mundur karna berbagai alasan. Dah itu aja cukup perkenalannya.

Ni daripada penasaran, doi demen banget narsis, so gue postingin aja deh di mari.



Back to Topic

Karna sayangnya gue juga uda mulai masuk kuliah, jadi waktu kumpul ma sodara juga terbatas banget. Makanya gue disuruh Bo-Nyok buat ngajakin Riska maen ke Sarangan. Karna gue juga jam 3 udah harus balik ke Malang lagi.
Yang gue lega adalah, sifat Riska yang dari dulu masih nggak berubah, cerewet dan kadang suka jail. Selama perjalanan ke Sarangan, dia cerita macem2 ke gue. Cerewetnya masih sama kayak 9 tahun yang lalu, bedanya Cuma topic yang dibicarakannya. Kalo 9 tahun yang lalu, masih cerewet polos. Ya cerewetnya dulu itu masih lucu dan polos gitu, kayak bicara soal hobinya, sekolahnya, kadang juga nggosipin orang-orang disekitar kita, kadang juga nggosipin ortu kita sendiri bahkan nenek juga. Dan untuk cerewetnya sekarang udah berbeda drastis dari yang dulu. Topiknya adalah 40 % Pengalaman Bekerja dia, 50 % cowoknya , 10 % dll (Temen2nya, nanyain balik , minta pendapat, dll). Dan topik pengalaman bekerja dan cowoknya itu selalu nyambung, misalnya
“Kantor yang pertama bosnya galak banget, makanya gue keluar ,Ehh, waktu gue keluar dari kantor itu, dia (cowoknya) juga ikutan keluar lowh, lucu banget ya . .!!”
Dan gue kembali jadi wadah curhat dan kembali menjadi pendengar yang baik. Bukan hal yang baru sebenernya gue dijadi’in wadah curhat bagi temen2 gue soal pacarnya, temen gue namanya Yolanda (yang notabene adalah pujaan hati gue selama SD) curhat ke gue perihal cowoknya yang kerja di Kalimantan. Nangisnya juga ke gue, senengnya juga ke gue. Karna gue demen juga sama si Yolanda ini, tentunya dia curhat soal cowoknya masalah kek gini, mbuat gue cemburu abiss. Dan karna nggak pengen ngecewa’in do’i. jadi gue belajar menjadi pendengar dan penasehat yang baik. 

Juga gue pernah jadi wadah curhat, oleh gebetan salah satu anggota GK, via inbox FB. Karna gue emang deket dengan anak GK, jadi dia nanya2in soal dia, mulai dari kesukaannya, terus punya cewe lain apa kagak. Dan gue kembali jadi penasehat yang baik.
Dan masih banyak lagi yang curhat ke gue soal pacarnya, kalo disebutin disini bakal rontok semua jari-jari gue. Makanya dengan semua pengalaman jadi pendengar yang baik, gue bakal share tips2 juga untuk lo lo semua yang senasib dan sebangsa sama gue :

Tips menjadi Pendengar yang Baik, dan yang gue laku’in saat jadi wadah curhat Riska :

1.     Tertawalah, saat si curhaters (sebutan bagi orang yang suka curhat) ngomongin hal2 yang menurut dia lucu. Itu membuat dia merasa dihargai, walaupun isinya garing abis, tapi usahakan untuk tertawa. Dan usahakan jangan terkesan di buat2 kayak :

“kemaren temen gue, jatuh ke sumur lo . .?? WKWKWK “.
“Haha . . Lucu gak yah . . Xixixi, Hihihi. . “.
Merasa dihargai kagak, si curhaters bakalan merasa mistis curhat ke elo.
Tertawalah yang keliatan lepas dan tanpa beban, kalo perlu sampe ngakak guling-guling kejengkang, masuk jurang. Terserah lo, yang terpenting, menghargai si curhaters itu intinya.
2.     Usahakan arah pandangan lo seperti memperhatikan si curhaters. Waktu itu gue sama Riska lagi naek motor, jadi arah pandangan gue juga ke samping, karna nggak mungkin juga gue, face-to face ama dia dan membelakangi jalan. Extreme banget . . 

Kalo lo lagi face-to face ama dia ya usahakan untuk terus meliat ke arah dia, bukan sebagai pandangan nafsu, tapi padangan simpati dan terkesan lo mendalami banget hal yang dicurhatkan oleh curhaters. Poinnya sama, masih about menghargai si curhaters.

3.     Jadilah pendengar yang baik. Usahakan ulangin kalimat yang lo tangkep dari si curhaters. Misalkan :

“Gue seneng banget, soalnya cowok gue kemaren mampir kerumah gue”.
“Ohhh jadi cowok lo kemaren mampir kerumah lo, seru dong”.

Jangan bikin si curhaters ilfeel dengan kebudekan elo, dengan njawab
“Ohhh jadi cowok lo kemaren berglambir ke elo, wahh seru dong.”
Dihargai kagak, si curhaters bakal nge-cap lo sebagai manusia freak dan kelainan sexual.

4.     Jadilah penasehat yang baik. Ini juga berguna kalo lo dicurhatin lewat bentuk text, sms lah, bbm lah, dll. Jadilah penasehat yang baik, usahakan untuk tidak sok apalagi sok tau.

“Cowok gue uda berubah, masak dia lebih mentingin nonton Dora The Explorer daripada q. .”
Jadilah pribadi yang cool, berikan nasihat untuk buat si curhaters berfikir positif

“Ya udah nggak papa, mungkin dia lagi bad mood aja hari itu, ada masalah di sekolah/kerjanya yang buat dia lagi engen nonton dora the Explorer”.
Jangan jadi sok, dengan memberi tanggapan

“Cowok kek gitu mah, dibuang ajalah. Seleranya kampungan banget. Jadi cowok itu kek gue gitu, suka nonton Cinta Fitri dari season 1 sampe season 99.

5.     Ini tips terakhir dari gue, kalo ini serius. Kalo lo emang nggak tertarik dengan obrolan si curhaters, ya lo bilang baik2, dengan cara lo sendiri. Bukan dengan cara mengalihkan pembicara’an kayak :
“Cowok gue kemaren, romantic banget masak iya dia . . bla bla bla “.
“wahhhh ternyata dinosaurus udah punah selama berabad-abad tahun yang lalu ya . .!!”.

Kalo lo merasa nyambung dengan apa yang diobrolin sama si curhaters, ya jadilah pribadi yang peka, kalo dia nangis lo juga ikutan nangis, kalo dia tertawa lo juga ikutan tertawa, kalo dia mo bunuh diri, cegahlah Begoo . .! jangan ikut2an.

Oke Back to topic :

Si Riska ini seperti yang gue bilang diatas tadi, udah pernah kerja ditempat berbeda 4 kali dan mundur dengan berbagai alasan. Dia curhat ke gue katanya di kantor pertama dia mundur gara2 bosnya posesif. Posesif disini bukan waktu si karyawan mo kumpul reunian sama mantan2 pacarnya, terus si bos demam 7 hari 7 malam. Posesif si bos ini maksudnya adalah, iya galak kerjaan sering diawasin, kalo salah dimaki-maki dll. Riska juga curhat ke gue, kalo dia pernah dikata2in bego sama si bos, dan dia berakhir menangis dengan showeran di kamar mandi.
Sama kek gue, bedanya kalo gue, nangis sambil ngeden di jamban.

Terus dia kerja lagi, dan mundur lagi. Dengan alasan gaji tidak sesuai UMR dan waktu yang kurang untuk kumpul sama temen dan keluarga. Gue lupa apa yang lainnya, yang jelas untuk sekarang dia masih nyari kerjaan dan nunggu panggilan. Ya udah good luck my sist, semoga apapun yang lo lakukan berakhir dengan kata “kesuksesan”. about cowoknya dia, mending nggak usah dibahas disini kali ya, itu privacy mereka.

Dan gue mo klarifikasi aja, kemaren juga ada orang iseng yang nyeletuk waktu kita mo ambil foto dengan
“Soookkk Mesraaa . . !!”.
Kita langsung ngakak ndenger itu semua. Gue tahu kalo itu pasti JOPALA (jomblo paling lama), gue juga tahu perasaan dia waktu liat muda-mudi jaman sekarang berdua’an.  Karna gue pengalaman soal begitu’an, karna gue uda berkecimpung di dunia perjombloan selama 2 tahun. Untuk sekarang, kayaknya uda ada yang mengisi kosongnya hati gue. Tapi gue nggak pengen gembor2 dulu, karna masih sebatas gebetan, tidak lebih.

Gue mo klarifikasi aja, siapa tau ada fans gue yang ngamuk karna ketauan jalan ama cewek. . .  *PD itu penting*. Dan siapa tau aja cowoknya Riska juga cemburu . .

“She is not my Girlfriend or Gebetan, but she is my sister. My sister from Djekardah city.

Share this article :

4 komentar:

Unknown mengatakan...

:D sorry mas bero ane ga cemburu klo cewek ane jalan ama ente, soalnya cewek ane udah cerita ke ane :D kunjung balik gan ploeitcyber.blogspot.com

Mochammad Azka Taufiq Reyzany mengatakan...

Oke gan . . Salam kenal. . . N jaga'in si Riska ya . . :D

Unknown mengatakan...

:D woke bro sipp... bakal ane jagain koq bro adek ente :D

Mochammad Azka Taufiq Reyzany mengatakan...

Sipp brooo . . . :D