Rabu, 15 Januari 2014

Judulnya "Perpindahan" . . Gitu (Inspire Manusia Setengah Salmon)




Hey what’s up nawak2 . .??
Akhirnya gue update lagi setelah hampir 3 bulan ini gue vacum nulis blog. Karna alesan yang macem2, seperti sibuk ngerjain tugas kuliah, sibuk nge-PES, sibuk tidur dan sibuk kopi.  *itu bubuk*.
Maaf becandaannya agak garing, soalnya 3 bulan ini uda lama nggak nglawak di blog, jadi unsur ke-garingan bakal kentara banget. Tapi gue bakal usaha’in untuk update2 selanjutnya bakal lebih bagus dan nggak garing . . Insya Allah . .


Banyak perubahan dalam diri gue setelah 3 bulan ini nggak nge-blog, misalnya :
Gue sekarang bukan seorang pecandu Mi instan lagi, beda sama yang dulu yang setiap malem harus ngemil mi instan biar nggak sakaw. Gue mencoba move-on dari makanan rakyat kos tersebut, tentunya masalah kesehatan menjadi pertimbangannya.

Kata temen gue *yang baru masuk kelas 3 SD* , gue lebih dewasa daripada sebelumnya, ndak tau visi misi mereka nyebut gue dewasa apa’an, ato jangan2 mereka tau kalo gue sering liat video dewasa, yah whatever . .?? yang jelas gue iya’in aja . .

Gue lebih cakep, itu kata temen gue yang udah nggak gue ketemu’in selama 19 tahun. Iya waktu itu kita kenalan saat kita masih ada di janin.
Nyokap gue kemarin tanggal 11 Januari 2014 juga udah balik kerja ke Hongkong lagi, berat rasanya ditinggal nyokap setelah beliau uda lama banget di rumah. Mungkin inilah salah satu alesannya kenapa gue memutuskan untuk aktif lagi di blog, yaitu agar nyokap juga tau keada’an anaknya saat disana. Berat banget ditinggal nyokap kerja lagi dan gue belajar sesuatu, dalam episode “My New Story is BeginHere” dulu gue pernah bilang bahwa “ Semakin tua umur kita, semakin   ingin kita mandiri dari orang tua”. Tapi itu malah sangat salah, jadi sebaiknya semakin bertambah umur kita, semakin kita dekat dengan orang tua kita. Gue akuin kalo nyokap gue itu sangat cerewet dan paling perhatian dengan kondisi anaknya. Dulu waktu masih di SMK nyokap juga paling was2 kalo gue kuliah ke luar kota, dan nyuruh gue buat kuliah di dalem kota2 aja, beda dengan gue yang pengen keliatan keren dan pengen terlihat mandiri di mata nyokap ato bokap gue.

Saat remaja kita pasti malu kalo digandeng ortu kita, apalagi didepan temen2 kita. Dan itu pernah gue alamin waktu di SMK, waktu ngambil rapot ditemeni nyokap, dan gue digandeng tangannya memasuki ruangan kelas. Tentunya kemaluan besar banget *Baca=Rasa Malu*, apalagi diliat temen2 sekelas. Tapi ya mo gimana lagi, rasa malu mengalahkan rasa takut dikutuk jadi batu. 

Tapi gue sadar kalo gue masih bersyukur diberi orang tua lengkap sampai detik ini. Waktu itu temen gue yang uda ditinggal sama salah satu orang tuanya, juga sempet membuat gue malu banget. Waktu itu gue maen sama dia dan nggak berapa lama bokap telpon gue bolak-balik. Dulu gue fikr itu ngganggu banget, gue uda dewasa masak masih mo dicari’in dan tentunya gue reject juga berkali-kali. Tapi bokap nggak nyerah buat nelpon gue bolak-balik.
“Siapa sih tu, kok gak mbok angkat ( Kok nggak kamu angkat) . .??”, kata temen gue.
“Bapak nih, paling nyari’in q, wez ben lah . . (Uda biarin la) . .”, jawab gue.
“Enak ya masih bisa di ingetin bapak, gue kangen masa2 waktu dimarahin bokap fiq . .”.
Gue langsung diem, nggak tau mo ngomong apa. Gue kayak ditelanjangin dan diarak keliling kota, rasanya malu banget. Mo ngrespon gue udah di skakmat, dan yang gue laku’in saat itu adalah ngangkat telfon yang masih bordering.
“Kowe gak opo2 to le . .?? ( Kamu ndak apa2 to nak . .??)”. Kata bokap panik.
“Gak kok pak, emang nyapo egh . .?? (Emang kenapa egh . .??). jawab gue
“Owhhh ya uda hati2, tadi bapak ditelpon sama orang, katane kamu kecelaka’an, kalo gitu ya syukur lah, paling itu penipuan. .”. Terdengar jelas suara kelega-an bokap.

Dan tentunya kejadian kek gitu merupakan tamparan banget buat gue, dan gue belajar satu hal juga setelah mengalami hal tersebut, bahwa sesungguhnya, terlalu perhatiannya orang tua kita adalah gangguan terbaik yang pernah kita terima.

Dan gue mbaca dan liat filmnya bang Raditya Dika yang Manusia Setengah Salmon, juga mengambil pelajaran bahwa perpindahan bakal selalu ada, setiap manusia tentunya bakal ngalamin berbagai perpindahan, misalnya perpindahan hati, saat lo diputusin pacar lo terus lo harus bisa move-on dan menemukan perpindahan yang lain, perpindahan usia juga, waktu kita masih sering dimarahi ortu, nanti suatu saat kita yang bakal memarahi anak2 kita. Ortu yang merawat kita dulu, dan suatu saat kita yang bakal ngerawat mereka. Dan tidak ada kehidupan yang lebih baik yang bisa didapatkan tanpa melakukan perpindahan. Mau tak mau juga, kita harus seperti ikan salmon. Tidak takut pindah dan berani berjuang untuk mewujudkan harapannya. Bahkan, rela mati ditengah jalan dmi mendapatkan apa yang di’inginkannya. Kesimpulannya, untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik, kita gak perlu menjadi manusia super. Kita hanya perlu menjadi manusia setengah salmon : Berani Pindah.

Ya udah buat nyokap, baik2 aja disana . . jangan sering bawel, anakmu Insya Allah bisa jaga diri, walaupun masih bandel but dikit kok, paling sehari 3 jam bandelnya. Okee . .
Gue sekarang udah memasuki semester kedua, bener kata orang2 kalo waktu itu singkat banget. Rasanya baru kemaren gue ikut tes ujian masuk perguruan tinggi, sekarang udah semester 2 aja. Banyak hal yang gue alamin pada semester pertama, gue lebih mengenal karakter berbagai orang lewat kehidupan gue dikos. Dan banyak kejadian seru2 lainnya yang gue alamin sama temen baru2 gue, waktu masih menjadi maba.
Gue bukan tipe orang yang seperti dikatakan sama lagu jali2, kalo dapet temen baru, temen lama dilupakan. Itu bukan sifat gue, asal mereka pernah nraktir gue minimal nasi bungkus mereka sah jadi temen gue. Mudah kok jadi temen gue, kalo pengen jadi sahabat gue ya minimal lo nraktir gue 10 nasi bungkus, itupun lo bakal dapet gelas cantik dari gue. Oke becanda guys . .
Ya udah guys, sekian dulu curhatan gue hari ini. Insya Allah akan sering update kalo ndak hujan . . .
Share this article :

0 komentar: