Jumat, 07 Februari 2014

Hal "Pertama Kali" Gue Lakukan . . (1)




Hey, what’s up guys . .
Pada kesempatan kali ini gue bakal ngomongin tentang tema “Pertama Kali” di kehidupan gue. Cinta pertama, pacar/gebetan pertama, sunat gue yang pertama *emang bakal ada yang kedua . .??*.

Melakukan sesuatu untuk yang pertama kali dulu adalah hal yang paling menegangkan, mengasyikkan, unforgotable, menyenangkan, seru, dan berbagai perasaan komplikasi lainnya. Lo juga pasti pernah kok merasakan hal tersebut saat pertama kali melakukan hal yang belum pernah lo lakukan. Dan langsung aja, nggak usah basa-basi, langsung ini list “Pertama Kali”gue :
1.   Pacar Pertama

Tentang ini udah pernah gue bahas dalm episode “The Story of My Asmara”, gue mo nambahin aja. Seperti yang diketahui gue pacaran pertama kali adalah waktu kelas 5/6 SD. Perasaan gue waktu itu adalah seneng, bangga (Karna ada yang *khilaf* mau ama gue), malu (Diledek’in ama semua member kelas tentunya), dll. Waktu dulu gue sama sekali buta dengan cara berpacaran yang baik dan benar, walau dulu statusnya berpacaran tapi kenyataannya adalah kita seperti orang yang sama sekali tidak saling mengenal. Kalo ketemu/tatapan muka, kita sama2 memalingkan wajah. Waktu jalan berdua, kita nggak berjalan beriringan, tapi ada space 2 meter, gue dibelakangnya doi. Jadi gue lebih terlihat seperti penjahat kelamin, yang nguntitin mangsanya, dan doi adalah korbannya. Dan kalopun saat nge-date, kita pasti sama-sama ngajak temen.
       Tapia ada hal yang unforgotable banget waktu pacaran ma doi. Yaitu waktu gue gonceng dia naek sepeda. Ini pacaran kita yang paling romantis semenjak terikat dengan status berpacaran. Waktu itu kita ada dikelompok yang sama di salah satu maple, ada 4 temen lain selain gue dan doi, jadinya total kelompok kami ada 6 bocah. Dan waktu itu kita mo ke warnet buat nyari referensi tugas, walaupun kita diwarnet malah kek orang dari jaman dinasty kuno dan terlempar menuju ke abad millennium. Kami gaptek banget dalam hal pengoperasian computer dan searching di google. Dan yang cewek akhirnya malah buka primbon.com sementara yang cowok, buka website lal*tx.com *yah yuno what I mean lah*.
      Dan sepulang dari mencari referensi tugas yang berakhir dengan kesia-sia’an karna sibuk ngliatin foto2 penampakan hantu. Gue bonceng doi naek sepeda, dan perasaan gue juga deg-deg’an, itu terasa waktu kita berangkat dari rumah temen gue tadi menuju ke warnet. Kita sama-sama diem, karna sama2 malu, dan gue menahan degup jantung yang uda pengen meledak. Itu pertama kalinya gue sedeket itu dengan seorang cewek apalagi berlabelkan pacar. Karna sepeda gue adalah sepeda gunung, jadi doi gue bonceng di depan gue. Rambutnya yang panjang juga kadang ngena’in muka gue waktu diterpa angin, dan gue sama sekali tidak menolak. Gue menimati semua adegan itu. Gue jadi menjadi tau perasaan Ikal (Andrea Hirata) di novel Laskar Pelangi, yang juga pertama kali mendapat sentuhan tangan pertama dari seorang yang disukainya, yaitu A-Ling. Dan gue menjadi sepeti Ikal dan sosok didepan gue itu adalah A-Ling, walaupun gue juga harus nahan bersin dan ngucek-ngucek mata waktu rambut A-Ling (ku) itu nusuk ke hidung/mata gue. But it’s unforgotable moment , I ever had.
       Waktu pulang dari warnet, dan masih gue bonceng. Suasana jadi cair, kita banyak bercanda waktu di boncengan itu, tidak seperti waktu berangkat tadi. Topiknya adalah kadang tugas itu, ato kadang2 sosok2 penampakan yang barusan doi liat di primbon.com. Dan kecewanya, dia nylempangin rambutnya ke depan, dan nggak dibiarkan ter-urai lagi seperti sebelumnya. Gue kecewa, dan pengen teriak “Tusukk . .  Tusukkk aku dengan rambut indahmu . . . A-Ling (ku)”.

2.  Cinta Pertama

Banyak yang bilang kalo cinta pertama itu adalah yang paling sulit dilupa’in. Dan anggapan itu gue setujuin, karna memang benar adanya. FYI walaupun si doi yang gue ceritain diatas tadi adalah pacar pertama gue, tapi itu bukan berarti bahwa dia cinta pertama gue. Cinta pertama gue adalah sosok perempuan yang berasal dari SD di desa gue.  Dan udah pernah gue ceritain di episode “ Cerpen buatan gue yang dikirim ke lomba dan GAGAL”. Rasa suka berlebih itu gue rasain waktu menginjak kelas 4 SD. Jatuh cinta diam-diam itu rasanya nggak enak banget, mo ngungkapin tapi takut diledek ama member kelas, karna dulu gue masih kecil, cupu dan belum sunat. Rasa malu mengalahkan rasa takut mati karna cinta. Gue sering ngirimin hadiah2 terselubung ke tas doi, semisal jepitan rambut, pita, dll. Walaupun hadiah misterius gue itu, malah berakhir dibagi2in ke semua temen2 sekelas oleh doi. Dan kampretnya gue juga dapet hadiah gue sendiri yang dikasih oleh doi. Gue terus2an diam2 menyukai doi, dan doi juga masih belum menyadari karna, doi juga rangking 1 di kelas, jadi doi lebih memilih buat ngedepanin urusan sekolahnya, daripada pengagum rahasianya.
        Jatuh cinta diam-diam itu kayak komidi putar, , seakan berjalan . . tapi sebenarnya tidak kemana - mana . .  gitu . .

3.  Pertama kali pindah sekolah
FYI, waktu lulus SD terus masuk ke SMP disebut juga perpindahan. Semua yang berhubungan dengan proses adaptasi yang baru itu disebut Perpindahan. Dan pindah sekolah pertama kali gue, bukan dari SD menuju SMP, tapi dari SD satu menuju SD lain. Semula dari SD di desa tempat gue tinggal, yaitu Desa Kertosari, menuju ke SD di kota Madiun, tujuan dari bokap mindah gue kesana adalah biar lebih mudah kalo mau masuk SMP Negeri. Karna SD di kota lebih mudah masuk SMP Negeri daripada SD di Kabupaten.
       Perasaan waktu denger kalo gue pindah sekolah dari bokap adalah nggak terima, karna gue udah nyaman ama temen2 gue di SD lama tersebut. Otak kecil gue dulu udah termind-set bahwa anak2 kota pasti nakal2 dan juga sok2. Makanya gue nggak terima dengan menunjukkan raut wajah cemberut di perjalanan menuju SD kota tersebut. Mau protes ke bokap pun percuma, karna rasa takut di jewer mengalahkan rasa demonstrasi.
       Sampe di SD tersebut, gue disuruh nunggu di koridor depan ruang guru, karna masih nungguin bokap ngurus masalah administrasi. Dan gue masih mencoba menekan rasa canggung, nggak terima, deg-deg’an, khawatir (Khawatir nggak punya temen di kelas itu), dan juga perasaan negative lainnya. Karna yang ada di fikiran gue dulu itu adalah, biasanya anak baru di sebuah kelas bakalan sulit banget buat dapet temen.
       Dan usai nunggu bokap, gue diantar oleh bu guru yang keliatan udah berumur dan terlihat ramah. Karna perasaan negative gue, gue seolah2 akan digiring di sebuah tempat eksekusi mati oleh guru yang bertampang ramah tapi malah lebih terlihat seperti tukang jagal difikiran gue. Dan saat itu kelas yang gue masukin sedang berlangsung KBM (Kegiatan Belajar mengajar). Dan langsung terhenti begitu gue masuk ke kelas, dan semua mata menuju ke gue. Gue semakin canggung, muka gue terasa panas menahan malu. Dan gue disuruh buat ngenalin diri didepan kelas, karna gue malu jadi gue hanya membisikkan nama dan asal gue ke bu guru yang satunya (Yang mengajar tadi), dan beliau lah yang ngenalin gue ke temen2 kelas, seolah beliau bisa mengerti apa yang gue rasakan saat itu, gue langsung disuruh buat duduk di bangku yang kosong disamping anak laki2 kurus di belakang pojok sendiri. 5 menit lebih lama aja, gue berdiri disitu gue pasti udah koma seminggu karna rasa canggung dan malu, untung bu guru Pengajar itu menyelamatkan nyawa gue.
       Dan tak seperti di fikiran gue tadi, ternyata gue disambut hangat oleh member kelas. Waktu istirahat mereka langsung ngerumuni gue buat diajak kenalan, ada yang bela2in buat nggak jajan untuk mengenal gue, gue merasa seneng dan respect ke mereka. Ada yang ngajak maen tebak2an, ada yang langsung curhat ke gue, dll. Dan hari2 berikutnya gue semakin nyaman, bertemen ama mereka. Terima kasih buat Alumni SDN 02 Pangongangan (gue lupa taun berap . . hehehe) . buat yang merasa pernah bertemen ama gue di SD itu aja, makasih uda nerima gue buat jadi keluarga kalian, semoga bisa kumpul di acara reunion lagi dengan kesuksesan masing-masing  . . Amin . 


Share this article :

0 komentar: