Minggu, 11 Agustus 2013

Hal2 yang "Nggak abis pikir" di sekeliling gue (part 1)




Sebelumnya gue mo ngucapin Selamat Hari Raya Idul Fitri 1434 H. Mohon maaf lahir dan batin atas kesalahan gue baik yang disengaja maupun enggak, baik itu ucapan secara langsung ataupun lewat tulisan di blog. Having fun ajalah, akan tiba masanya lo menjadi serius, tapi untuk mbaca blog gue, gue harap untuk rileks dan cekakak cekikik bersama, hehehe ... *Walaupun nggak lucu*.
Langsung aja, kali ini gue mo bahas hal2 apa saja yang nggak habis gue pikir yang terjadi di sekeliling gue :


1.     Job In Indonesia


Banyak banget jenis pekerjaan di Indonesia yang bisa kita jalanin. Wirausaha, pegawai kantoran, direktur, entertainment, anggota legislatif, dll. Bervariasi banget untuk bisa kita kerjakan gitu, tapi ada satu pekerjaan yang gue nggak habis pikir. Apa itu..?? Yaitu penjaga tol. Gue pribadi belum pernah lewat jalan tol, tapi gue liat di TV dan browsing di Internet gitu. Dan gue search dengan keyword “Penjaga tol”. Dan ternyata penjaga tol itu sekitar 16 jam sehari duduk sendirian di ruangan sempit, kira2 1 X 1 meter gitu dan kerjaannya ngitungin kembalian doang. Gue penasaran banget sama kualifikasinya, gimana seseorang cocok dan pantas menjadi seorang penjaga tol gitu..??

Ato mungkin lewat interview kerja kali ya. Kalo kerjaan lain mungkin udah wajar. Di interview sama bos nya

“Coba sebutin kelebihan kamu dibandingin calon pegawai lainnya.??”
“Saya Professional, disiplin, bertanggung jawab, sabar, dan efisien.”
“Oke, sekarang apa prospek diri kamu untuk 5-6 tahun kedepan..??”.
Dengan Kontribusi saya, saya akan membawa perusahaan ini jauh lebih baik.”
“Oke kamu lolos, selamat bergabung dengan kami”.

Itu mungkin pekerjaan biasa ya, mungkin kalo penjaga tol agak beda sedikit

“Coba sebutin kelebihan kamu dibandingin calon pegawai lainnya.??”
“saya penyendiri dan tahan duduk sendiri, saya sabar dan jago ngitungin kembalian.”
“Oke, sekarang apa prospek diri kamu untuk 5-6 tahun kedepan..??”.
“Masih duduk sendiri dan ngitungin kembalian.”
“Oke kamu lolos, selamat bergabung dengan kami”.

2.     Iklan di Indonesia


Gue juga nggak habis pikir dengan iklan2 di pertelevisian Indonesia sekarang, kenapa mulai ambigu dan aneh2 gitu. Walaupun juga orang2 kita itu suka banget yang namanya ke-ambigu’an, sampai impor barang pun juga nama produknya ambigu semua. Peralatan dapur nama produknya “silit”, Korek “Tokai”, sampe tabletpun nama produknya “Peju”, Ini apa coba maksudnya..??.

Kembali ke masalah iklan di Indonesia, ada Iklan terbaru yang sekarang lagi booming banget, iklannya bang Raditya dika yang “Cupdate dulu rasa lo”, tau kan..??. gue tau kalo bang Radit itu orangnya emang absurd dan penuh keambigu’an, tapi masak sampe iklannya juga dibuat ambigu. Bang Radit bilang gini kan..

“Mi-nya panjang banget dan nggak gampang putus, pengen rasanya gue pacarin. Coba’in dech dan cupdate rasa lo... “

Itu maksudnya apa..?? kita disuruh nyoba’in pacarnya bang Radit gitu..?? apa sih..?? Ahhhh sudahlah...

Terus ada lagi  Iklan di TV yang menurut gue juga aneh banget gitu. Yaitu iklan sabun apa gitu gue lupa nama produknya. Sabun antiseptic yang bilang “Dapat membasmi kuman hingga 99%”, pernah tau kan..?? Terus ini nggak ada yang peduli gitu sama kuman yang 1% ini..??.

Lo pernah nggak liat iklannya juga, ada anak kecil mandi dengan riangnya dan entah kenapa di shoot kameramen dia nggak risih gitu. Terus lagi asik mandi di sekitar badannya dikasih lingkaran terus di zoom dan di lingkaran itu ada kumannya banyak gitu. Tau kan..??. Begitu si anak itu menggosok badannya dengan sabun itu tiba2 99% kumannya hilang, dan kumannya tinggal 1. Gue liat iklan itu bukan seneng karna anaknya bersih, tapi kasian itu kuman sendirian sekarang. Nggak, bukannya apa2, lo nggak mikirin perasaan kuman yang tersisa itu..?? itu jangan2 mereka lagi saling silaturahmi dan kumpul2 sama keluarganya, lalu lo tiba2 seenaknya jidatnya aja ngilangin mereka. Saran gue lo cari deh sabun yang bisa ngilangin kuman 100%. Kasian kan kuman yang tersisa itu, sekarang dia yatim piatu mungkin.

3.     Facebook


Yang satu ini adalah salah satu sosmed yang paling digandrungi remaja2 jaman sekarang mungkin. Udah juta’an pengguna facebok jaman sekarang, dan Mark Zuckenberg juga terus ngembangin ciptaannya itu terus menerus dan bervariatif. Tapi menurut gue fesbuk jaman sekarang itu kepo banget, kadang2 gue suka sebel sendiri. Dulu kan di fesbuk itu cuma ada “What’s on your mind”. Sekarang kepo banget tu fesbuk, nggak Cuma itu, tapi ditambahi kata2 seperti “How are you”, “Who are you with?”, “Where are you now?”, dll. Ini fesbuk apa pacar sebenernya..?? pengen tau ja.

Trus fesbuk juga tempat dimana lo bisa melangsungkan pernikahan tanpa melalui KUA. Apa lagi pengantin2 di fesbuk itu rata2 mereka anak2 dibawar umur dan masih ngenyam bangku sekolahan. Statusnya membuat orang jomblo single kayak gue ini jadi gedek banget liatnya. “Si Dewii ChubbyChubbyChayangRIoCelamana” Menikah dengan “Si Rio YangKataDewiDichayangCelamana”. Nggak mencerminkan tenggang asmara banget gitu. Trus di beranda gue penuh dengan orang yang isinya mesra2an dan gue bisa liat

“Abis Maem Bakso with Si Rio YangKataDewiDichayangCelamana”.

-100 likes, 4 comment
 Rio YangKataDewiDichayangCelamana : Enak ya bunda, tadi baksonya, kenyel2 gitu kayak cintaku padamu”.
Si Dewii ChubbyChubbyChayangRIoCelamana : Iya papi, ihhh papi ngrayu aja deh. Kapan2 kita beli lagi ya pi..??
Rio YangKataDewiDichayangCelamana : Hehe, iya2 bunda. Papi chayang ama bunda.
Taufiq Salam Satujiwa : Btw, kalian kapan putusnya..??

Hiiiihhhhhhhh jijik banget gue, beranak aja belom uda maen papi-bunda’an. Klo ada yang kyak gitu buruan di unfriend aja deh saran gue.
Sayangnya di Fesbuk sekarang nggak ada tombol unlike, padahal jaman smp gue dulu ada lo tu fasilitas unlike di Fesbuk. Sayang banget gitu dihapus, padahal banyak banget yang perlu gue unlike perihal status remaja2 ababil jaman sekarang. Mulai dari status yang kayak diatas tadi, sampai ababil yang berdoa di Fesbuk, yaelah berdoa kok di Fesbuk. Itukan secara tidak langsung menyekutukan tuhan ya, terus ngeluh di Fesbuk. Pernah suatu ketika beranda gue itu isinya keluhan semua, ni anak kenapa sih..??. yang lucunya temen gue juga abis di-php’in pacarnya dia terus maki2 di Fesbuk, segala hewan dan sumpah serapah keluar. Mulai dari anjing, babi, kuda nil, marmut, kelinci, Herbivora, apalah. Kasian banget ya, fesbuk nggak bersalah kok dimaki2. Lo klo maki2 orang di fesbuk itu minimal lo beri tanda hesteg deh biar jelas siapa yang lo maki2, #Dewi si Chubby gitu contohnya. Kalo ngambang gitu, orang yang baca status lo kan jadi merasa di maki2.

Trus yang anehnya juga, gue pernah di friend request sama orang juga. Friend request fesbuk gue udah mencapai angka 100 keatas yang belum gue konfirm, selain karna gue nggak kenal mereka, mereka nama2 akunnya juga aneh2 banget. Ada yang nama akunnya “Aku Kuda”, ni orang kayaknya bingung dengan identitas sexualnya sendiri. Terus pernah ada cewek gitu, nama akunnya gue samarkan aja “Chinta CintaiPangeranBiruChelalu” (Bukan nama akun sebenarnya), karna udah pengalaman sama yang model akun kayak gitu, jadi gue nggak tanggepin. Dan besoknya ada yang nge-add gue lagi dengan nama akun “PangeranBiru ChelaluChintaiChinta” (Bukan nama akun sebenarnya). Gue amatin, kok nama akunnya saling berhubungan dengan yang nge-add gue kemaren, ternyata memang mereka pacaran. Ini apa maksudnya coba, orang pacaran nge-add gue..?? Mo ngapa’in..?? Mo minta restu ke gue, ato mo bikin gue sirik lagi..?? Mo Ngapain..??

4.     Macet

Kemacetan bukan barang baru lagi bagi kota metropolitan di Indonesia. Tapi ada masanya kota2 kecil juga akan mengalami hal serupa. Iya, musim mudik (Pulang kampung). Kemaren waktu gue pulang dari Malang, di jalan Nganjuk sampe Saradan itu terjadi kemacetan yang panjang banget, kira2 hampir 5-6 KM. Jadi mobil2 itu susah banget buat gerak, klo naik motor mah enak bisa lewat pinggir2 jalan yang biasanya nggak di aspal.

Dan gue pikir, masa sih nggak ada cara buat ngatasin kemacetan itu sendiri, apalagi di Ibukota yang katanya macetnya setiap hari dan udah jadi rutinitas harian. Apa perlu nerapin motto hidup sehat kayak di Melbourne Australia dimana penduduknya jalan kaki klo bepergian, ato naik sepeda ontel gitu. Tapi apa bisa ya..??

Bahkan di Brazil, disana ada tempat yang katanya jalan terlebar di Dunia. Kalo disini paling lebar jalan maximal 4-5 mobil berjejer, di monumental axisnya brazil, jalan terlebar disana, mobil itu bisa berjejer 180 mobil, jalan bareng2 saking lebarnya. Gue pengen banget kesana. Ngapa’in..?? Liat orang nyebrang jalan.

5.     Korupsi

Hmmm udah males sebenernya gue mbahas soal begini’an. Nggak habis pikir aja gitu, kenapa semakin kesini kasus korupsi semakin banyak dan bervariasi gitu kasusnya. Kreatif2 banget gitu koruptor di Indonesia itu, mulai Gayus si Mafia Pajak, Nazarudin yang susah ditangkep, sampe Melinda dee dengan dada besarnya. Semakin variatif gitu. Ni jangan2 di kampusnya dulu mereka ngambil fakultas hukum dan spesifiknya “Teknik Mengembangkan Ilmu Korupsi”.

Dan rata2 pelakunya adalah mereka yang menjabat sebagai anggota dewan, ato disebut wakil rakyat.
Memang bener kok sebutan wakil rakyat buat mereka itu, rakyat mo seneng diwakilin, rakyat mo punya duit banyak diwakilin, rakyat mo idup enak diwakilin.

Dan masak sih nggak ada 1 pun cara yang bener2 ngebrantas Korupsi di Indonesia. Dan kalo dipikir2 ternyata udah susah untuk menghapus budaya korupsi di Indonesia sendiri. Karna itu udah ditanamkan dari dulu melalui VOCnya Belanda. Dan itu udah mendarah daging sampe sekarang, nggak usah anggota dewan. Ngaku deh, lo pasti pernah kan disuruh ortu lo beli sesuatu gitu, trus kembaliannya lo ambil sebagian ato kalo lo maruk ya semuanya lo ambil, pasti pernah, gue sering banget soalnya nglaku’in hal itu sampe sekarang, hehehe.
Ternyata ada 1 cara yang mungkin bisa bener2 jadi alternatif untuk membrantas korupsi, ato minimal setidaknya mengurangi kasus korupsi di Indonesia. Yaitu non-aktifkan penggunaan mata uang di Indonesia, dan mari kita kembali ke jaman barter.


Oke udahan dulu guys, tentunya masih banyak sebenernya yang perlu gue sampe’in dan nggak habis pikir tentang hal2 yang terjadi di sekeliling gue. tapi klo banyak2 juga nggak afdol dan malah terkesan membosankan. Jadi sedikit2 aja ya, hehehe... See you

Share this article :

0 komentar: