Selasa, 13 Mei 2014

Survey Gue : Tipe-tipe Hubungan dalam "Asmara"



Hey what’s up guys . .
kali ini gue akan ngebahas tentang cinta, nggak bosen2nya gue ngajak lo mbahas tema yang satu ini. Selain alasan agar gue tampak seperti orng yang romantic banget dengan mbahas tema ini, tapi karna alasan gue lagi pengen nulis aja.
Tapi kali ini gue akan nge-bahas CINTA dengan hal yang lebih spesifik lagi, yaitu jenis-jenis hubungan yang biasa kita temui di kehidupan asmara.
Oke lets chek this out :


1.   Pacaran


Simple nya pacaran itu bisa diartikan dua orang yang berbeda kelamin yang awalnya bukan siapa-siapa tapi mendadak menemukan kecocokan dan menjalin sebuah hubungan. Kalo lo nemu’in 2 orang yang berjenis kelamin sama lagi pacaran, berarti definisi gue yang salah. Pacaran adalah musuh bebuyutan para jomblo, para jomblo akan merasa gerah ketika ada orang pacaran lewat depan dia.

Type ini dapat kita temui dimana saja lo berada, di taman, di mall, di pantai, di WC Umum, di Empang, atau bahkan di bilik warnet. Itu kenapa alasan para jomblo menjadikan mereka sebagai musuh abadi. Karna mereka akan selalu ada dimanapun jomblo berada, gaya pacaran jaman sekarang juga udah mulai absurd2, ada yang mesra2an lewat timeline, ada yang pacaran di pantai terus nulis nama mereka di pasir, kemudian beberapa menit kemudian mereka ditemukan ngambang . . ada yang pacaran di bilik sebuah warnet yang sempit, kagak modal banget ya . .!!

Percayalah. . tulisan diatas didasari karna gue sirik aja . .

Ada beberapa alasan kenapa seseorang menjadikan orang lain sebagai pacar mereka. alasan utamanya adalah cinta dan rasa sayang. Walaupun tidak menutup kemungkinan ada udang dibalik batu, ada alasan lain yang menjadikan mereka berpacaran, seperti tempat pelampiasan doing, karna dikecewain oleh pacar sebelumnya, atau butuh seseorang yang bisa menemani dia walau sampai ke ujung dunia, dalam hal ini mereka (biasanya yang cowok) menjadi supirzone untuk ceweknya.
Atau butuh seseorang yang rela berkorban materi demi dia, dalam hal ini biasa disebut ATM berjalan. Tapi tidak sedikit pula pacaran yang bener2 udah menjadi prinsip bersama untuk menjajaki proses yang lebih jauh, yaitu pernikahan.

2.   LDR

Tau kan LDR . .?? Lo dimana gue dimana Relationship.

LDR seperti yang kita semua tau adalah hubungan jarak jauh, kalo di wartel kita mengenal mereka dengan sebutan SLJJ. Hubungan ini didasari karna mereka berada di beda kota, beda provinsi, beda pulau, beda negara bahkan beda planet.

Gue nggak tau syarat menjadi seorang LDR, karna kemaren temen gue jua beda kota namun tidak disebut LDR karna sering ketemuan. Rupanya rumah mereka sama2 didaerah perbatasan, jadi Cuma beda 2-3 KM doing. Dan itu bukan disebut LDR, walaupun sudah memenuhi syarat yaitu hubungan beda kota.

Atau mungkin syaratnya seperti seorang pengembara dalam Islam, atau biasa disebut Musyafir. Yaitu harus menempuh perjalanan minimal 80 KM untuk bisa disebut Musyafir. Mereka mendapatkan keistimewaan dalam Islam seperti nggak papa, nggak puasa di bulan Ramadhan, dengan syarat mengganti di lain hari diluar Ramadhan, atau boleh meninggalkan shalat asal men qadha nya, dan tentunya musyafir adalah orang berhak menerima zakat fitrah.
Oke, kenapa malah jadi LDR syariah . .

Kembali ke masalah LDR, mungkin syarat menjadi LDR adalah sama seperti syarat menjadi Musyaafir, yaitu jarak hubungannya harus minimal 80 KM. dan tentunya LDR akan memiliki keistimewaan sendiri sseperti, Rasa kangen yang akan selalu menyelimuti mereka, melatih kepercayaan antar pasangan.

Tapi walaupun demikian jomblo dan LDR hampir memiliki kesamaan, kalo jomblo jiwa dan raga tidak ada yang memiliki, tapi kalo LDR, jiwa ada yang memiliki namun raganya tidak. Dan yang malah menderitanya, gak selamanya pasangan LDR tu merasa dirinya punya pacar. Misalnya lo nganggap dia sebagai LDR’an lo, tapi dia nggak merasa lo LDR’annya dia, hanya sebatas temen curhat. Kalo udah gitu LDR juga berarti Lo Doang Relationship.

Makanya, sejarah membukukan kalo LDR lebih sering galau di facebook daripada yang jomblo.



3.   Cinta Lokasi

Jenis hubungan ini udah gue jelaskan pada episode “Cinta Lokasi in PTI UM Offering "E" “.
Simplenya, cinlok ini biasa muncul karna sering terbiasa, sering berada di satu tempat missal kelas, organisasi, atau kantor. Untuk lebih jelasnya, baca aja ndiri di episode “Cinta Lokasi in PTI UM Offering "E"

4.   Teman Tapi Mesra

Pertama kali gue denger jenis hubungan ini adalah ketika lagi booming banget lagunya Duo RATU, tau kan . . . iya Oplosan.
Enggak lah, judul lagunya sama kek hubungan ini sendiri yaitu TTM (Teman Tapi Mesra).
TTM muncul karna ada rasa cinta namun tidak memungkinkan lo untuk ngedapetin cintanya tersebut. Misal lo (cowok) sering jalan bareng sama temen cewek lo, dan kalian sama sama saling punya perasaan. Namun untuk menjadikan perasaan kalian menjadi sebuah hubungan , itu juga merupakan hil yang mustahal. Misal kalian udah sama2 punya pacar, atau temen cewek lo itu yang udah punya pacar, dan pacarnya lebih angker daripada lo. Lo mungkin takut kalo lo nembak temen cewek lo, muka lo bisa berupah bujur sangkar karna dipukul cowoknya. Ataupun mungkin kebalikannya, lo yang udah punya pacar tapi temen cewek lo belum. Lo takut kalo lo nembak temen cewek lo, muka lo bisa berubah menjadi jajar genjang karna dipukul kakaknya pacar lo. Kasian ammat idup lo . .
Makanya biasanya TTM ini mencurahkan rasa sayangnya dengan cara seperti orang pacaran namun berstatus teman. Missal saling perhatian, selalu ada ketika saling membutuhkan.
Atau mungkin TTM bisa terjadi karna, lo sama2 gengsi buat ngungkapin perasaan. Iya karna factor kalian udah temenan sejak lama, bahkan salah satu dari lo udah nganggep lo sebagai sodara nya. Jadi untuk njadi’in pacar, lo akan merasa gengsi dan takut ngrusak “Persaudaraan”.

5.   Backstreet

Backstreet menurut bahasa adalah Belakang Jalan.
Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa backstreet adalah model pacaran , namun lewat jalan belakang. Bukan, maksud gue jalan belakang bukan lo nyogok satpam rumah pasangan lo buat diijinin ngintip ke jendela kamarnya.

Maksud gue adalah, pacaran dengan model sembunyi2. Pernah gue alami pacaran model ginian, ketika gue kelas 2 SMP dan belum disunat. Ya waktu pacaran sama si Erva, lebih lanjut kisahnya baca episode “The Story of My Asmara “.

Pacaran gue dengan doi, juga menggunakan metode backstreet karna gue dulu memang nggak diboleh’in pacaran sama Bo-Nyok. Waktu itu ketika gue nge-date dengan doi, gue terpaksa boong sama Bokap agar diijinin keluar bawa sepeda motor sendiri. Bahkan tak jarang gue mbolos bimbel demi ketemu sama si doi. Dan tak ayal waktu ketahuan bolos bimbel, gue langsung dipecut sama bokap, dan dimarahi buat konsen dulu ke pelajaran dan nggak boleh bolos lagi.

Tapi gue nggak jera, gue masih hubungan sama si doi. Waktu telpon gue diem2 nelpon dibelakang rumah dengan suara sekecil mungkin, dan sms si doi juga waktu malem ketika Bo-Nyok udah tidur, itupun kalo uda selesai sms, langsung gue hapus sms itu. Tapi lagi2 gelagat itu tercium oleh bokap, mengetaahui itu beliau marah besar lalu nge-banting HP gue, dan gue sukses nangis dibawah guyuran kran air, dan nggak megang HP lagi selama hampir setahun.

Dan itu pengalaman gue about backstreet, pada prinsipnya bacstreet terjadi karna tidak adanya restunya dari ortu. Backstreet juga awal terjadinya peristiwa yang sering kita sebut dengan kawin lari. Alasannya sama yaitu karna dua insan itu udah ngebet dan saling mencintai, namun restu orang tua juga tak kunjung turun juga maka terjadilah hal tersebut.

Walaupun, kita tidak hidup di jaman Siti Nurbaya, dimana orang tua memegang andil banget dengan masalah perjodohan. Namun tetep yang utama adalah restu dari orang tua. Mungkin ada alasan lain kenapa ortu tidak memberikan restu terhadap hubungan si anak.

Waktu dulu gue bersyukur banget, HP gue dibanting sama bokap. Hampir setaun gue uda jarang banget kontakan sama si Erva, karna nggak punya HP, walupun kadang2 gue suka minjem hp temen buat sms dia. Namun berkat contact yang hilang tersebut gue akhirnya lepas dari Erva. Dan akhirnya gue tahu juga bahwa Erva bukan cewek baik2. Baca selengkapnya di “The Story of My Asmara “.

6.   HTS

HTS atau Hubungan Tanpa Status, mungkin identik dengan “nggantung”.
Iya semuanya serba nggak jelas, pacaran tapi kok nggak ada yang nembak, temenan tapi kok sayang2an.

Menurut gue HTS ini terjadi karena pelakunya merasa dirinya “digantung” perasaannya, dan dia akan sekuat mungkin menanyakan kejelasan dari hubungan tersebut. Sementara pelaku yang satu lagi, yang nggantungin perasaan orang tersebut, merasa baik2 saja, acuh dan tak acuh.

Dan dari hubungan seperti inilah yang kemudian memunculkan istilah baru yaitu, PHP (Pemberi Harapan Palsu). Dimana mereka membuat situasi seolah-olah suatu saat bakal meresmikan hubungan yang mereka jalani walaupun pada kenyaataannya seiring berjalannya waktu tetap aja statusnya digantung.

Makanya akan ada dua istilah pada hubungan semacam ini, orang yang merasa di gantung’in akan menganggap dirinya korban PHP sekaligus korban HTS. Atau mungkin kalo lebih parah lagi ketika dia ditabrak truk, dia juga akan menjadi korban Tabrak Lari. Malang nian nasibmu nak . .!!

Kalo menurut gue, PHP itu datang ketika lo menganggap kebaikan kecil seseorang yang lo sayang sebagai sebuah harapan besar.
Gue nggak menyalahkan si pemberi harapan palsu, dan gue juga nggak menyalahkan korban PHP. Tapi ada baiknya lo menimang dan menimbang kebaikan seseorang, jangan dulu lah lo merasa Ge-Er . . gitu.

7.   Jomblooooooo . . Nology


Poin terakhir, poin puncak pada bahasan tema kali ini adalah Jomblooo . . . iya Jombloooo . .
Kenapa gue semangat banget untuk subbab kali ini. . karna gue idup di era ini. Era dimana jomblo “katanya” lebih bahagia daripada mereka yang punya hubungan.
Kata para Jomblonology, jomblo adalah kemerdekaan. Kemerdekaan yang tidak ada satupun orang yang menjajah hatinya, mengiris pilu hatinya dengan pedang yang dinamakan “sakit hati”, ataupun memberi penyakit hati yang mengkrokoti relung jiwanya , yang biasanya dinamakan “makan ati”.
dan juga kata temen gue itu, single itu prinsip tapi jomblo itu nasib . . enggak . . yang bener itu adalah single itu prinsip, jomblo itu kreatif . . Hidup JOMBLO  ..!!

Suara jomblo memang terdengar nyaring di seantero penjuru dunia jomblonology, namun jangan salah . .
Jomblo memiliki keinginan yang besar banget untuk ndapetin sosok yang seiring seirama dengan mereka, mereka haus akan kasih sayang, mereka haus akan belaian lembut, namun mereka kenyang ketika diadepin dengan benda bernama “sabun”.
Jomblo juga bisa disebut dengan salah satu hubbungan percintaan. Hubungannya udah bukan manusia ke manusia saja, tapi manusia ke Tuhan. Jomblo lebih sering mendekatkan diri ke Yang Maha Esa, dan isinya doanya tak jauh2 dengan. . semoga dapet pacar.




Yaudahlah guys, sekian dulu hal yang pengen gue sampekan lagi, kapan2 gue akan survey lagi mengenai tema2 yang lain.
Dan doa gue semoga sukses dalam hal percintaan kalian . .
Dan 5 hari lagi adalah hari Ulang Tahun gue . . semoga bukan hanya doa dan “minta traktir” aja yang gue dapetin, tapi juga kado . . hehehe . .

Okee. . byeee . .

Share this article :

0 komentar: